Jokowi Akan Beri Gelar Bintang Mahaputra kepada Gatot Nurmantyo 

Ada lima kelas tanda kehormatan Bintang Mahaputra

Jakarta, IDN Times - Presiden Jokowi "Joko" Widodo akan menganugerahkan gelar Bintang Mahaputra kepada mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Hal ini disampaikan oleh Menko Polhukam Mahfud MD lewat akun Twitter pribadinya, @mohmahfudmd.

"Tanggal 10 dan 11 November 2020 Presiden akan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional (PN) dan Bintang Mahaputera (BM)," cuit Mahfud seperti dikutip IDN Times, Selasa (3/11/2020).

Baca Juga: Gatot Nurmantyo soal KAMI: Aksi Nekat Saya demi Menjaga Marwah TNI

1. Mantan Ketua MK Arief Hidayat juga akan terima gelar Bintang Mahaputra

Jokowi Akan Beri Gelar Bintang Mahaputra kepada Gatot Nurmantyo Menkopolhukam Mahfud MD (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Selain Gatot, Mahfud juga menyebutkan beberapa nama yang akan menerima gelar Bintang Mahaputra, di antaranya mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat.

Sedangkan dua nama lainnnya disebutkan akan mendapat gelar Pahlawan Nasional yaitu Sutan Muhammad Amin Nasution dan Soekanto.

"Yang dapat gelar PN antara lain SM Amin dan Soekanto, yang dapat BM antara lain Gatot Nurmantyo dan Arief Hidayat," ujarnya.

2. Pemberian gelar ini tidak pandang bulu

Jokowi Akan Beri Gelar Bintang Mahaputra kepada Gatot Nurmantyo Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera (Dok. Sekretariat Negara)

Mahfud mengatakan, semua mantan panglima dan menteri serta pemimpin lembaga negara yang telah rampung menjalankan tugasnya akan mendapatkan gelar ini.

"Itu harus diberikan tanpa pandang bulu," kata dia.

3. Apa itu Bintang Mahaputera?

Jokowi Akan Beri Gelar Bintang Mahaputra kepada Gatot Nurmantyo Fahri Hamzah dan Fadli Zon memberikan keterangan pada pers setelah Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan RI di Istana Negara pada Kamis (13/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dilansir dari situs resmi Kementerian Sekretariat Negara RI, setneg.go.id, Bintang Mahaputra adalah penghargaan tertinggi setelah tanda kehormatan Bintang Republik Indonesia yang dianugerahkan kepada mereka yang berjasa luar biasa untuk kebutuhan, kelangsungan, dan kejayaan bangsa.

Ada lima kelas tanda kehormatan Bintang Mahaputra, yakni Bintang Mahaputra Adipurna, Bintang Mahaputra Adipradana, Bintang Mahaputra Utama, Bintang Mahaputra Pratama, dan Bintang Mahaputra Nararya.

Sejumlah tokoh yang sudah lebih dulu mendapatkan gelar ini di antaranya adalah Fadli Zon dan Fahri Hamzah.

Baca Juga: Sempat Heboh, Jokowi Resmi Beri Penghargaan Fadli Zon dan Fahri Hamzah

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya