Kadinkes DKI Sebut Vaksinasi Bagi Lansia Dimulai Jumat Ini

60 ribu dosis vaksin sudah tiba di Jakarta

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti mengatakan bahwa vaksinasi bagi lansia di DKI Jakarta dimulai pada Jumat (19/2/2021). Ada 60 ribu dosis vaksin yang sudah tiba di DKI Jakarta.

"Alhamdulillah untuk tahap kedua ini subuh tadi DKI Jakarta menerima sekitar untuk 60 ribu dosis bagi lansia dan 10 ribu dosis untuk para pedagang di Pasar," kata dia dalam acara Media Update Vaksinasi COVID-19 Tahap 2 DKI Jakarta, Jumat.

1. Vaksinasi lansia umum dilakukan usai salat Jumat

Kadinkes DKI Sebut Vaksinasi Bagi Lansia Dimulai Jumat IniKepala dinas kesehatan DKI Jakarta Widyastuti (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Widyastuti mengatakan, vaksinasi pada masyarakat umum yang berusia lanjut akan berlangsung setelah salat Jumat berlangsung. Saat ini pihaknya masih mempersiapkan alokasi penyebarannya.

"Sedangkan untuk lansia secara umum mulai hari ini nanti selesai salat Jumat sudah kita mulai di beberapa titik rumah sakit dan puskesmas karena vaksinnya baru datang subuh tadi, jadi langsung siang ini kita siapkan alokasinya," kata dia.

Baca Juga: Izin Vaksin Keluar, Kemenkes Mulai Vaksinasi Lansia 

2. Vaksinasi untuk nakes lansia sudah dilakukan

Kadinkes DKI Sebut Vaksinasi Bagi Lansia Dimulai Jumat IniVaksinasi di puskesmas dan rumah sakit di Kalteng (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Widyastuti menjelaskan bahwa vaksinasi kepada lansia yang bekerja sebagai tenaga kesehatan sudah berlangsung sejak satu pekan lalu, hal ini menyusul setelah pemerintah mengeluarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/368/2021 Tanggal 11 Februari 2021 Tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 pada Sasaran Kelompok Lansia, Komorbid dan Penyintas COVID-19 serta Sasaran Tunda. 

"Vaksin untuk tenaga kesehatan itu termasuk juga untuk tenaga kesehatan yang usianya 60 tahun ke atas yang memenuhi syarat itu sudah kita mulai sejak seminggu yang lalu, tetapi itu untuk nakes lansia yang masih memberikan layanan atau praktik atau memberikan layanan kepada pasien," kata dia.

 

3. Vaksinasi kelompok sasaran tertunda untuk lansia hingga ibu menyusui

Kadinkes DKI Sebut Vaksinasi Bagi Lansia Dimulai Jumat IniIlustrasi Vaksin. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Vaksinasi untuk kelompok sasaran tertunda diberikan pada lansia, orang dengan komorbid, penyintas COVID-19, dan ibu menyusui. Kelompok lansia akan menerima dua dosis interval pemberian 28 hari, sedangkan penyintas COVID-19 dapa divaksinasi jika sudah pulih lebih dari 3 bulan, kemudian vaksin kelompok komorbid diperuntukkan bagi pengidap hipertensi dengan tekanan darah tidak lebih dari 180/110 MmHg, Diabetes tidak sedang komplikasi akut, serta penyintas kanker.

Pemerintah menargetkan vaksinasi terhadap warga lanjut usia (lansia) dan petugas pelayanan publik selesai pada Mei 2021. Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito.

"Nantinya pendataan daftar penerima vaksin merunut data yang dimiliki BPJS Kesehatan, Dukcapil dan hasil koordinasi dari kementerian dan lembaga terkait," kata Wiku dalam keterangan tertulis, Rabu, 17 Februari 2021.

Baca Juga: Vaksin AstraZaneca Segera Tiba, Bisa Disuntik ke Lansia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya