Comscore Tracker

Kadishub DKI: Terminal Bus di Jakarta Sudah Kembali Beroperasi Normal

Sebelumnya hanya Pulogebang dan Kalideres yang beroperasi

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, sejumlah terminal bus di Jakarta sudah kembali beroperasi normal pada Selasa (18/5/2021).

Sebelumnya hanya dua terminal yang beroperasi melayani penumpang selama masa pelarangan mudik 6-17 Mei 2021, yaitu Pulogebang dan Kalideres.

"Ya sudah beroperasi mulai hari ini mulai tadi pukul 00.01 dua terminal lainnya seperti Kampung Rambutan dan Tanjung Priok, itu sudah kembali operasional," kata dia saat dihubungi, Selasa (18/5/2021).

Baca Juga: Gara-gara Penumpang KRL Numpuk, Menhub Budi: PT KCI Tak Profesional

1. Penumpang harus punya surat bebas COVID-19

Kadishub DKI: Terminal Bus di Jakarta Sudah Kembali Beroperasi NormalIDN Times/Marisa Safitri

Meski demikian, kata Syafrin, penumpang yang akan bepergian di terminal harus sudah dilengkapi dengan surat bebas COVID-19, hasil tes baik antigen atau genose yang menunjukkan hasil negatif.

Hal ini juga berlaku untuk penumpang yang hendak turun di terminal di kawasan DKI Jakarta.

"Tetapi untuk di terminal untuk mewaspadai jumlah penumpang yang cukup masif dalam satu bus, seluruhnya kita wajibkan melakukan tes untuk penumpang bus yang masuk ke terminal," kata Syafrin.

2. Ada temuan tiga kasus reaktif COVID-19 di Terminal Pulogebang

Kadishub DKI: Terminal Bus di Jakarta Sudah Kembali Beroperasi NormalSeorang anak melakukan tes deteksi COVID-19 dengan metode GeNose C19 di Stasiun Pasar Turi, Surabaya, Jawa Timur, Senin (15/2/2021). (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Syafrin menyebutkan ada tiga penumpang bus di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, yang reaktif COVID-19 usai menjalani tes rapid antigen, mereka sudah diisolasi di Terminal Pulogebang.

"Saat ini mereka masih dikarantina di Terminal Pulogebang, kemudian dari lab kesehatan sudah melakukan PCR tadi, insyaallah besok ada hasilnya," ujarnya.

3. Moda transportasi di DKI kembali beroperasi dengan jam normal

Kadishub DKI: Terminal Bus di Jakarta Sudah Kembali Beroperasi NormalHalte TransJakarta Senen (Dok. Humas PT TransJakarta)

Selain itu, Syafrin juga menjelaskan sejumlah moda transportasi umum di DKI Jakarta sudah kembali beroperasi tanpa pengurangan jam.

"Iya. Tidak perlu SK baru, karena SK yang kemarin itu berlaku hingga 17 Mei," ujarnya.

Salah satunya seperti jam operasional TransJakarta yang kembali beroperasi hingga pukul 23.00 WIB, dari sebelumnya pada masa peniadaan mudik hanya beroperasi pada pukul 21.30 WIB.

Baca Juga: Kadishub DKI: Tiga Penumpang di Terminal Pulogebang Reaktif COVID-19

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya