Kantong Plastik Dilarang Mulai Besok, Begini Respons PD Pasar Jaya

Semoga bisa mengurangi jumlah sampah plastik

Jakarta, IDN Times – Direktur Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin, memastikan larangan penggunaan kantong belanja plastik akan diberlakukan di semua area pasar mulai 1 Juli 2020.

Larangan penggunaan kantong plastik termuat dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 142 Tahun 2019 tentang kewajiban penggunaan kantong belanja ramah lingkungan.

“Per 1 Juli 2020 para pimpinan wilayah, baik manager dan kepala pasar, agar mengawasi aktivitas pelarangan kantong plastik sekali pakai di area pasarnya,” katanya pada Selasa (30/6).

1. Berharap aturan baru ini bisa mengurangi sampah plastik

Kantong Plastik Dilarang Mulai Besok, Begini Respons PD Pasar JayaIDN Times/Daruwaskita

Arief menjelaskan pelarangan penggunaan kantong belanja plastik adalah langkah nyata guna mengurangi sampah. Pasalnya pasar tradisional merupakan tempat paling berkontribusi besar terhadap sampah di DKI Jakarta.

Setiap hari, pasar tradisional menghasilkan setidaknya 600 ton sampah. Larangan ini dinilai bisa mengurangi sampah plastik di DKI Jakarta.

2. Sosialisasi dilakukan dengan cara formal maupun informal

Kantong Plastik Dilarang Mulai Besok, Begini Respons PD Pasar JayaIlustrasi Pasar (IDN Times/Besse Fadhilah)

Dia mengatakan bahwa sosialisasi pada pedagang pasar sudah dilakukan secara formal maupun informal.

Sosialisasi dari berbagai media massa juga turut dilakukan agar pengunjung pasar dan pedagang lebih mengetahui aturan pelarangan tersebut.

“Sejak pembahasan pergub ini di tahun 2018 sudah dilakukan berbagai bentuk kegiatan baik secara formal maupun informal,” ujarnya.

3. Berharap pedagang dan pengunjung siap dengan peraturan ini

Kantong Plastik Dilarang Mulai Besok, Begini Respons PD Pasar JayaIlustrasi plastik (IDN Times/Lia Hutasoit)

Arief menjelaskan sosialisasi yang dilakukan seperti pembagian kantong belanja ramah lingkungan pada pengunjung pasar hingga kegiatan Focus Group Discussion.

“Sosialisasi sendiri terus dilakukan saat ini kepada para pedagang dan pengunjung pasar. Berbagai sosialisasi dalam bentuk media cetak juga sudah disebar di seluruh area pasar,” kata dia.

Dia berharap agar para pengunjung dan pedagang pasar sudah siap dalam pelaksanaan larangan plastik pada awal Juli mendatang.

Baca Juga: Kantong Plastik Mulai Dilarang Besok, Walhi: Kurang Sosialisasi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya