Kapal AL Singapura Kirim Oksigen ke Pelabuhan Tanjung Priok Hari Ini

Ada 40 ton oksigen cair hingga 570 oksigen konsentrator

Jakarta, IDN Times - Kapal RSS Endeavour Angkatan Laut Republik Singapura berlayar ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Minggu (11/7/2021) pagi untuk menyampaikan pengiriman suplai oksigen ke Indonesia.

Melansir dari situs resmi departemen luar negeri Singapura, bantuan ini terdiri dari pasokan oskigen darurat termasuk oksigen cair, tangki ISO, tabung oksigen, dan konsentrator.

"Landing Ship Tank (LST) Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) berangkat dari Pangkalan Angkatan Laut Changi menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Indonesia, pagi ini," seperti dikutip IDN Times, Minggu.

1. Singapura kirim tangki oksigen cair hingga gas oksigen

Kapal AL Singapura Kirim Oksigen ke Pelabuhan Tanjung Priok Hari IniWadah pasokan oksigen sedang dimuat di atas kapal RSS Endeavour.(Dok. Situs resmi departemen luar negeri Singapura)

Bantuan pasokan dan peralatan oksigen darurat ini mengikuti tahap awal bantuan yang diserahkan ke Indonesia oleh Angkatan Udara Republik Singapura pada 9 Juli 2021.

"Sebagai tetangga dan mitra dekat Indonesia, Singapura akan terus bekerja sama dengan Indonesia untuk mendukung upaya mereka memerangi pandemi COVID-19," bunyi keterangan departemen luar negeri Singapura.

Menteri Senior Teo Chee Hean melalui akun Facebooknya juga menyatakan bahwa kapal dari Singapura membawa tangki xISO dengan 40 ton oksigen cair, 500 xcylinder gas oksigen dan 570 oksigen konsentrator.

Baca Juga: Indonesia Terima Bantuan Alat Kesehatan untuk COVID-19 dari Singapura

2. Pengiriman oksigen atas permintaan Menko Marves Luhut Pandjaitan kepada Menteri senior Singapura

Kapal AL Singapura Kirim Oksigen ke Pelabuhan Tanjung Priok Hari IniMenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Dia mengungkapkan bahwa pengiriman ini adalah hasil diskusi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan selama beberapa hari terakhir.

"Saya memiliki beberapa panggilan telepon selama beberapa hari terakhir dengan Menteri Koordinat Indonesia untuk Urusan Maritim & Investasi Luhut Pandjaitan yang sedang tanggap COVID-19, untuk melihat bagaimana cara terbaik kita dapat melengkapi kebutuhan oksigen kritis Indonesia yang menyelamatkan hidup. Saya yakin bahwa Singapura akan melakukan sepenuhnya, dan bekerja sama untuk mengatasi pandemi ini bersama," tulis Teo Chee Hean.

3. Oksigen konsentrator dari Singapura sebelumnya juga sudah tiba

Kapal AL Singapura Kirim Oksigen ke Pelabuhan Tanjung Priok Hari IniIlustrasi tabung oksigen medis. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

Diberitakan sebelumnya, pemerintah mendatangkan oksigen dari Singapura. Ada 30 unit oksigen konsentrator tiba di Indonesia 9 Juli 2021. Puluhan ribu unit oksigen tersebut merupakan bagian dari 10.000 oksigen konsentrator yang dibeli pemerintah Indonesia dari Singapura. Pemerintah juga akan membeli 7 unit oksigen generator dan 36.000 ton oksigen untuk 30 hari ke depan.

“Jadi 30 unit oksigen konsentrator yang merupakan bagian dari 10.000 unit yang dibeli Pemerintah Indonesia hari ini dikirim dari Singapura melalui penerbangan, sisanya dikirim via laut bersama dengan tabung silinder yang diisi oksigen,” kata Luhut dalam keterangan tertulis, Jumat (9/7/2021).

Baca Juga: Luhut: Oksigen Konsentrator dari Singapura Akan Datang Hari Ini

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya