Comscore Tracker

Kapolda Kaltim Temui Komnas HAM, Beri Keterangan Soal Kasus Herman 

Herman tewas usai dijemput paksa oleh polisi

Jakarta, IDN Times -  Kapolda Kalimantan Timur Irjen Herry Rudolf Nahak menyambangi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Dia datang untuk memberi penjelasan terkait tewasnya seorang tahanan bernama Herman di Polresta Balikpapan. 

"Saya gak dipanggil, tapi saya yang berinisiatif bertemu Komisioner Komnas HAM," ujarnya saat dikonfirmasi awak media, Rabu (10/3/2021).

Baca Juga: Mencari Keadilan, Herman Dijemput Paksa Polisi Pulang Tak Bernyawa

1. Komnas HAM akan mintai keterangan Kapolda dan jajarannya

Kapolda Kaltim Temui Komnas HAM, Beri Keterangan Soal Kasus Herman IDN Times/Margith Juita Damanik

Komnas HAM mengatakan agenda itu berlangsung pada hari ini tepatnya pukul 10.00 WIB. Pengambilan keterangan ini tak hanya dilakukan pada Kapolda Kalimantan Timur Irjen Herry Rudolf Nahak, namun juga pada jajarannya.

"Pengambilan keterangan tersebut juga dihadiri oleh Kabid Propam dan Direskrimum Polda Kalimantan Timur," ujar Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, M. Choirul Anam.

Baca Juga: Polda Kaltim Copot 6 Anggota Terduga Pelaku Penganiayaan Herman

2. Kapolda Kaltim Irjenpol Herry Rudolf Nahak bakal mintai informasi dan data kasus ini

Kapolda Kaltim Temui Komnas HAM, Beri Keterangan Soal Kasus Herman Kapolda Kaltim, Irjen Pol Herry Rudolf Nahak Tekankan 15 Hal Adaptasi Baru Cegah Klaster Pilkada, Senin (7/12/2020)/(IDN Times/Hilmansyah)

Anam mengatakan bahwa pengambilan keterangan dari Irjen Herry Rudolf guna mengumpulkan informasi dan data terkait kasus tewasnya Herman. Dia menegaskan bahwa agenda ini menjadi upaya pihaknya dalam melakukan penegakkan hukum.

"Pengambilan keterangan tersebut guna mendapatkan informasi, data maupun fakta kasus kematian almarhum Herman, serta upaya penegakan hukumnya," tuturnya.

3. Enam anggota Polresta Balikpapan dicopot dari jabatan

Kapolda Kaltim Temui Komnas HAM, Beri Keterangan Soal Kasus Herman Apel Kehormatan Serah Terima Jabatan Kapolda Kaltim antara Irjen Pol Herry Rudolf Nahak dengan Kapolda Kaltim sebelumnya yakni Irjen Pol Muktiono (Dok Humas Polda Kaltim)

Herry Rudolf Nahak sempat mengatakan bahwa para pelanggar dalam kasus ini sudah ditindak tegas sejak kasus tersebut terjadi.  Pihaknya saat itu langsung memproses enam oknum anggota Polresta Balikpapan setelah diduga melanggar kode etik dan telah dicopot dari jabatannya.

"Begitu kejadian langsung saya perintahkan tidak ada toleransi kepada anggota yang melakukan pelanggaran dan itu sudah dilaksanakan sejak tanggal 3 (Desember 2020 saat Herman meninggal)," kata Herry pada Kamis (11/2/2021).

"Pada awal itu kan kita tidak menggunakan KUHP tapi menggunakan kode etik Polri, karena ini kita anggap sudah melanggar kode etik Polri. Jadi kita tidak ragu untuk melakukan penindakan," ungkapnya.

Sementara terkait masalah pidana, Herry mengatakan bahwa hal tersebut masih dalam proses. Perlu adanya penyelidikan dan bukti. Dia juga membantah bahwa adanya informasi anggota polisi yang mencoba mengatur damai dengan memberikan sejumlah uang kepada keluarga korban.

"Tidak ada itu (uang damai)," bantahnya.

4. Kronologi tewasnya Herman, dijemput paksa oleh Polisi

Kapolda Kaltim Temui Komnas HAM, Beri Keterangan Soal Kasus Herman Ilustrasi TKP (IDN Times/Mardya Shakti)

Pada 2 Desember 2020 sekitar pukul 21.00 Wita, korban yang sedang tidur dijemput paksa oleh tiga orang tak dikenal yang berpakaian preman.

"Korban lagi tidur. Saat dikasih tahu (letak) kamarnya, korban langsung ditangkap dan dibawa. Dia tidak pakai baju itu dibawa keluar pakai motor," kata Fathul.  

Ia melanjutkan, "Dia dibawa polisi tanpa surat penangkapan, tanpa surat apa-apa," ujarnya.

Keluarga pun mencari keberadaan Herman yang ternyata dibawa oleh orang tak dikenal tersebut ke Polresta Balikpapan. Petugas mengatakan Herman benar berada di sana dan ditangkap karena diduga mencuri HP.

Pada keesokan harinya sekitar pukul 22.00 Wita, pihak keluarga mendapatkan informasi bahwa korban telah tewas.

Baca Juga: Kasus Herman, Pemeriksaan Saksi dan Berharap Autopsi Jenazah 

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya