Comscore Tracker

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw Resmi Jadi Kabaintelkam

Paulus Waterpauw kini naik bintang tiga

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah melantik Irjen Paulus Waterpauw, sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri. Putra asal Papua tersebut resmi menyandang bintang tiga dengan pangkat Komisaris Jenderal (Komjen).

Kapolri memutasi Irjen Pol Paulus Waterpauw dari Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua menjadi Kabaintelkam Polri.

"Bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan," kata Kapolri saat melantik Paulus Waterpauw di Mabes Polri, Rabu (24/2/2021).

Baca Juga: Soroti Hukum Tajam ke Bawah, Ini Pesan Kapolri pada Kabareskrim Baru

1. Pekan depan ada pelantikan kapolda dan wakapolda

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw Resmi Jadi KabaintelkamKapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bertemu dengan Ketum PBNU Said Aqil Siradj (Dok. Humas Polri)

Upacara Sertijab ini sesuai dengan Surat Telegram Rahasi (STR) bernomor ST/318/III/KEP./2021, yang ditandatangani As SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan tanggal 18 Februari 2021 atas nama Kapolri.

Selain Kabaintelkam, Kapolri juga melantik Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) dan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat).

Sementara, pelantikan kapolda dan wakapolda nantinya dilaksanakan pada pekan depan.

2. Sejumlah jabatan yang pernah dipegang Paulus

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw Resmi Jadi KabaintelkamKapolda Papua, Irjen Pol. Paulus Waterpauw (Dok. ANTARA News)

Paulus Waterpauw adalah putra asli Papua yang lahir di Fakfak, Papua Barat 25 Oktober 1963. Dia adalah seorang perwira tinggi polisi yang sudah mengemban sebagai Kapolda Papua sejak 2019.

Paulus adalah lulusan akademi polisi 1987 dan punya pengalaman di bidang intelijen. Dia juga pernah mengemban tugas sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah Papua sejak 2011 hingga 2014, Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat yang pertama pada 2014 hingga 2015.

Kemudian, Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri selama 2017 dan Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Utara pada 2017 hingga 2018.

3. Brigjen Pol Mathius D Fakhiri jadi Kapolda Papua

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw Resmi Jadi KabaintelkamDokumentasi - Kapolda Papua Mathius D. Fakhiri (ANTARA/HO-Humas Polda Papua)

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memutasi Irjen Pol Paulus Waterpauw dari Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua menjadi Kabaintelkam Polri.

Kini, jabatan Kapolda Papua dipegang Brigjen Pol Mathius D Fakhiri yang sebelumnya menjabat Wakapolda Papua dan jabatan wakapolda kini diserahkan pada Kombes Pol Eko Rudi Sudarto.

Baca Juga: Kapolri Minta Kabareskrim Baru Tuntaskan Kasus Bentrok Polisi Vs FPI

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya