Kapolri: Wisata di Zona Oranye dan Merah Wajib Tutup Saat Lebaran

Kapolri meminta ada tes swab antigen untuk wisatawan

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan telegram instruksi kepada jajarannya di seluruh Polda di Indonesia. Ia meminta jajarannya mengawasi kegiatan di tempat wisata selama masa libur Hari Raya Idul Fitri 2021.

Instruksi itu termaktub dalam surat telegram tertanggal 30 April 2021 dengan nomor STR/336/IV/PAM.3.2./2021. Listyo meminta agar tempat wisata di zona merah dan oranye wajib ditutup saat Lebaran 2021.

"Apabila lokasi wisata berada di zona oranye dan atau zona merah maka wajib ditutup," tegasnya dalam surat telegram yang dikutip IDN Times pada Rabu (5/5/2021).

1. Listyo minta jajarannya perketat pengawasan

Kapolri: Wisata di Zona Oranye dan Merah Wajib Tutup Saat Lebaran(Libur Nasional dan Cuti bersama dimanfaatkan warga Jakarta untuk bertamasya ke Ancol dan hingga Kamis (29/10) pukul 14.00 WIB pengunjung Ancol mencapai 23.000 orang) ANTARA FOTO/ Reno Esnir

Listyo memerintahkan seluruh Kapolda memetakan lokasi wisata yang ada di setiap wilayah, baik yang buka maupun yang tutup. 

"Melaksanakan giat fungsi intelijen dan deteksi dini serta deteksi aksi terhadap animo masyarakat yang melakukan kunjungan wisata," kata dia.

Selain itu, ia meminta jajarannya mengamankan dan memperketat pengawasan protokol kesehatan di destinasi wisata yang menerima wisatawan saat libur lebaran.

Dia juga meminta para Kapolda berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan atau Satgas COVID-19 serta pengelola tempat wisata untuk menerapkan protokol kesehatan.

2. Wajib swab antigen bagi pengunjung

Kapolri: Wisata di Zona Oranye dan Merah Wajib Tutup Saat Lebaran(Libur Nasional dan Cuti bersama dimanfaatkan warga Jakarta untuk bertamasya ke Ancol dan hingga Kamis (29/10) pukul 14.00 WIB pengunjung Ancol mencapai 23.000 orang) ANTARA FOTO/ Reno Esnir

Dia juga menginstruksikan supaya ada tes swab antigen pada wisatawan yang berkunjung.

"Dan pemberian sanksi manakala terdapat wisatawan yang terkonfirmasi COVID-19 saat berwisata," ujar Listyo.

Tindakan tegas sesuai dengan perundang-undangan dan peraturan yang berlaku juga akan diberikan jika ada pelanggaran dalam penyelenggaraan wisata.

3. Pengelola diminta membersihkan lokasi wisata tiga kali sehari dengan disinfektan

Kapolri: Wisata di Zona Oranye dan Merah Wajib Tutup Saat LebaranGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lakukan peninjauan di Dufan (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Listyo juga meminta jajarannya memberi imbauan dan sosialisasi serta pemahaman pada pengelola tempat wisata tentang kegiatan di tengah pandemik COVID-19 berdasarkan ketentuan pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pengelola juga harus memperhatikan info terkini atau instruksi terkait COVID-19 di wilayahnya dan membersihkan area wisata dengan disinfektan secara berkala tiga kali sehari, serta menerapkan protokol kesehatan.

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya