Comscore Tracker

Kasus Brigadir J, Komnas HAM Butuh Keterangan Istri Ferdy Sambo

Namun yang jadi prioritas adalah periksa hasil uji balistik

Jakarta, IDN Times - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) membutuhkan keterangan dari istri mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo yakni PC. 

“Ya pasti butuh lah, kan semua hal yang terkait keterangan tersebut akan muncul nama Bu P, dan sebagainya,” kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, Senin (8/8/2022),

Pihaknya berharap akan ada perkembangan terkait kasus yang menewaskan Brigadir J tersebut yang akan dibagikan pada masyarakat.

“Kami sedang memulai dari awal, semoga ada perkembangan yang menarik minggu ini,” ujar dia.

1. Pemeriksaan PC sudah direncanakan

Kasus Brigadir J, Komnas HAM Butuh Keterangan Istri Ferdy SamboKomisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM) Mohammad Choirul Anam dalam Konferensi pers Komnas HAM soal kasus Brigadir J di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat Senin (25/7/2022) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Anam mengatakan, agenda pemeriksaan terhadap PC sudah direncanakan. Namun kondisi trauma yang dialami PC karena dugaan pelecehan seksual yang dialami, menjadi hal yang dipertimbangkan Komnas HAM.

“Sehingga kami memang menyusuri satu-satu tahap ke tahap yang lain. Misalnya soal Adc (ajudan), soal Dokkes, soal cyber,” kata dia.

Baca Juga: Pengacara Bharada E: Pistol Brigadir J Ditembakkan Setelah Dia Tewas

Baca Juga: Pengacara Bharada E: Ferdy Sambo Ada di Lokasi Tewasnya Brigadir J

2. Pemeriksaan hasil uji balistik diagendakan pekan ini

Kasus Brigadir J, Komnas HAM Butuh Keterangan Istri Ferdy SamboKomisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam (kiri) menunjukkan barang bukti berupa bagian CCTV dalam konferensi pers perkembangan penyelidikan dan hasil temuan Komnas HAM RI atas peristiwa kematian enam laskar FPI di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin (28/12/2020) (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Anam mengatakan, pekan ini pihaknya sudah mengagendakan pemeriksaan hasil uji balistik dalam kasus tewasnya Brigadir J tersebut. Sebelumnya, pemeriksaan tersebut sudah beberapa kali ditunda.

“Kami punya kebutuhan yang sangat strategis, itu adalah uji balistik yang sudah tertunda beberapa waktu. Jadi itu yang kami prioritaskan, semoga soal balistik iminggu ini bisa segera ketemu antara tim balistik dan Komnas HAM,” kata dia.

Rencananya Komnas HAM akan menjadwalkan uji balistik itu pada Rabu (10/8/2022) pukul 10.00 WIB.

3. PC sambangi sang suami di Mako Brimob

Kasus Brigadir J, Komnas HAM Butuh Keterangan Istri Ferdy SamboBrigadir Polisi Nofriansyah Yosua Hutabarat (kanan) ketika bersama atasannya Kadiv Propam Irjen (Pol) Ferdy Sambo (www.facebook.com/@rohani.simanjuntak)

Pada Minggu (7/8/2022), istri dari Ferdy Sambo yakni PC terlihat menyambangi sang suami di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Minggu (7/8/2022). PC membawakan baju untuk sang suami yang telah ditahan selama 24 jam lebih di lokasi itu.

Momen kedatangan PC ke Mako Brimob merupakan kali pertama ia muncul ke hadapan publik usai kasus ini naik ke permukaan dan jadi atensi berbagai pihak. Dengan didampingi beberapa orang, PC sempat menyampaikan keterangan di depan awak media. 

“Saya ikhlas memaafkan segala perbuatan yang kami dan keluarga alami,” kata PC sambil menangis.

PC tampak mengenakan outer batik berwarna kuning. Mengenakan masker dan mata yang tampak sembab, PC juga mengungkapkan rasa cintanya kepada Ferdy.

“Saya mempercayai dan tulus mencintai suami saya. Saya mohon doa biar kami sekeluarga dapat menjalani masa yang sulit ini," kata dia.

Baca Juga: Jenguk Suami di Mako Brimob, Istri Ferdy Sambo: Saya Mohon Doa

Baca Juga: Sambil Menangis, Istri Ferdy Sambo: Saya Tulus Mencintai Suami Saya

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya