Kasus Kerumunan Jakmania, Wagub Riza Patria: Serahkan ke Satgas 

Satgas COVID-19 tentukan siapa yang bertanggung jawab 

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 akan mengecek kasus  kerumunan Jakmania di Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada Senin (26/4/2021) dini hari.

Satgas COVID-19 akan menentukan siapa yang bertanggung jawab atas terjadinya kerumunan Jakmania. Satgas juga akan menyelidiki apakah kerumunan tersebut terjadi karena dimobilisasi atau ada unsur kesengajaan.

"Saya kira Satgas nanti akan melihat, kita serahkan pada satgas yang akan melakukan pengecekan, penelitian dan evaluasi kemudian apa yang disampaikan kita tunggu saja," kata dia di Balai Kota DKI Jakarta, Senin.

1. Wagub DKI prihatin dengan kerumunan Jakmania

Kasus Kerumunan Jakmania, Wagub Riza Patria: Serahkan ke Satgas Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Politikus Gerindra ini juga meminta masyarakat Ibu Kota tetap melaksanakan protokol kesehatan walau dalam suasana euforia atas kemenangan Persija di Piala Menpora 2021. Dia mengaku prihatin dan menyesalkan kerumunan tersebut.

"Kami menyayangkan kegiatan itu dalam satu kesatuan warga bersama, dalam jumlah yang besar terjadi kerumunan, bahkan tidak sedikit yang tidak menggunakan masker. Tentu kami sangat prihatin dan menyesalkan" kata dia.

Baca Juga: Persija Juara, Jakmania Bandel Pesta Jelang Sahur

2. Kasatpol PP sebut itu spontanitas

Kasus Kerumunan Jakmania, Wagub Riza Patria: Serahkan ke Satgas Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sebelumnya Kepala Satuan Kepolisian Pamong Praja (Kasatpol PP) Arifin menjelaskan kerumunan Jakmania di Bundaran Hotel Indonesia (HI) sudah dicegah sejak awal dan dibubarkan. Mereka muncul karena spontanitas.

"Ini kan spontanitas dari masyarakat. Ya masyarakat mungkin merespons secara antusias. Tapi yang jelas kita malam itu sudah melakukan pencegahan untuk tidak berkerumun," kata Arifin kepada awak media.

3. Ada Jakmania bawa ganja, organisasi bakal beri tindakan

Kasus Kerumunan Jakmania, Wagub Riza Patria: Serahkan ke Satgas IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Diberitakan sebelumnya, imbas dari kerumunan ini Sekretaris Umum The Jakmania, Rajiva Baskoro, mengatakan pihaknya akan menindak sejumlah anggota Jakmania yang terlibat dalam kerumunan. Penindakan akan dilakukan sesuai mekanisme organisasi.

Rajiva juga mengungkapkan bagi suporter yang ketahuan bertindak kriminal, maka seluruh prosesnya akan diserahkan pada pihak berwajib. Terlebih polisi menemukan anggota yang membawa ganja.

"Untuk yang ditahan, kami serahkan ke pihak berwajib. Kalau memang ada pelanggaran, biar hukum yang bertindak. Kalaupun misal ada yang punya KTA, akan diselesaikan melalui mekanisme organisasi," ujar Rajiva saat dihubungi, Senin (26/4/2021).

Baca Juga: Usai Dibekap Persija, Persib Langsung Hilang

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya