Comscore Tracker

Kata Anies Baswedan Saat Disebut Jarang Terlihat dan Diwakilkan Riza

Anies jelaskan ada pembagian tugas 

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjawab tudingan yang menyebutnya jarang muncul dalam agenda-agenda pemerintahan dan kerap digantikan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria. Dia mengatakan, dalam menjalankan tugas di DKI Jakarta, ada pembagian tugas antara dirinya dan Riza.

“Yang sedang dikerjakan jadi beberapa kali justru bersama dengan rapat koordinasi terkait dengan penanganan COVID-19 jadi pada saat penanganan konstitusi, bagi tugas. Karena di sana itu sebagian pembacaan dokumen, pembacaan, dan kita bagi tugas tersebut," ujarnya, kepada IDN Times, Jumat (23/9/2021).

1. Anies menunaikan tugas penanganan COVID-19 di Jakarta

Kata Anies Baswedan Saat Disebut Jarang Terlihat dan Diwakilkan RizaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jadi inspektur Apel Patroli Skala Besar Gabungan pada Minggu (13/6/2021) malam (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Baca Juga: Respons Anies soal Interpelasi Formula E hingga 7 BUMN akan Dibubarkan

Rahasia pembagian kerja di Pemerintahan DKI Jakarta juga sebutkan Anies dengan porsi sejumlah rapat konstitusi dijalani Riza Patria, dan dia menunaikan tugas terkait dengan penanganan COVID-19. 

"Karena saya harus menunaikan khususnya terkait dengan penanganan COVID-19, karena penanganan COVID-19 ini kita bagi tugas. Biasanya kita  mengerjakan bersama-sama," ujarnya.

2. PSI pertanyakan Anies Baswedan yang jarang hadir

Kata Anies Baswedan Saat Disebut Jarang Terlihat dan Diwakilkan RizaAnies Baswedan (Dok Pemprov DKI)

Sebelumnya, Fraksi PSI mengapresiasi Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria yang selalu hadir di rapat-rapat penting seperti pertanggungjawaban penggunaan anggaran, saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak bisa datang. PSI menilai Anies jarang muncul di rapat paripurna DPRD DKI Jakarta. Hal itu membuat sejumlah pertanyaan PSI, termasuk mengenai Formula E.

“Saya mengapresiasi Pak Wagub yang selalu hadir menggantikan Pak Gubernur, yang anehnya selalu sibuk jika ada rapat-rapat penting seperti ini," kata  Sekretaris Fraksi PSI Anthony Winza, Kamis (9/9/2021).

Padahal, lanjutnya, rapat pertanggungjawaban anggaran ini adalah rapat penting yang sudah terjadwal setiap tahunnya.

"Apa jangan-jangan Pak Wagub adalah the real gubernur? Apa Gubernur Anies tidak menganggap paripurna ini penting sehingga selalu sibuk, padahal DPRD dan Gubernur adalah mitra kerja yang sejajar,” kata  dia.

3. Riza menyebut dia dan Anies tak selalu harus berdampingan

Kata Anies Baswedan Saat Disebut Jarang Terlihat dan Diwakilkan RizaWakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Selasa (9/3/2021) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria juga sudah buka suara terkait pernyataan tersebut. Dia mengatakan, ada pembagian tugas antara dia dan Anies, jika ada kesempatan, tentu Anies yang akan hadir di rapat-rapat bersama DPRD.

Ketua DPD Jakarta Partai Gerindra itu menilai pembagian tugas antara dirinya dengan Anies adalah hal biasa. Sebab, sebagai pasangan, ia merasa tak harus selalu bersama dengan Anies.

"Saya kira itu biasa saja, gubernur dan wagub, bupati, wali kota, bergantian tidak mesti bersama-sama hadir. Kita bagi tugas," kata Riza, Rabu (8/9/2021).

Baca Juga: Gubernur Anies Jawab Isu Perbedaan Harga Commitment Fee Formula E

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya