Comscore Tracker

Kemang Banjir, Anies Perintahkan Wagub Inventarisir Izin Bangunan

Warga diminta laporkan jika ada bangunan yang langgar aturan

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal keberadaan kawasan Kemang, Jakarta Selatan yang sering kali menjadi langganan banjir. Dia mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang menginventarisir seluruh bangunan yang ada di Jakarta.

"Terkait pelanggaran yang ada di Jakarta, kami sedang inventarisir kembali semua pembangunan, izin-izin yang pernah ada sedang kami inventarisir," ujar Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (23/2/2021).

1. Riza ditugaskan Anies cari bangunan yang tak beri kontribusi ke masyarakat

Kemang Banjir, Anies Perintahkan Wagub Inventarisir Izin BangunanWakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Dia mengatakan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menugaskannya untuk mencari fasilitas sosial dan fasilitas umum yang seharusnya dikembalikan ke DKI Jakarta yang memang harusnya digunakan untuk kepentingan masyarakat.

"Apalagi kalau ada bangunan-bangunan yang hadir tapi tidak memberikan kontribusi positif, juga bangunan yang hadir beri kontribusi negatif kita akan evaluasi," kata Riza.

Baca Juga: [FOTO] Kondisi Kemang Jaksel Setelah Kebanjiran, Masih Berlumpur!

2. Riza minta masyarakat lapor soal bangunan yang tak sesuai aturan

Kemang Banjir, Anies Perintahkan Wagub Inventarisir Izin BangunanANTARA FOTO/Reno Esnir

Dia meminta masyarakat untuk melaporkan jika menemukan bangunan yang dinilai tidak sesuai dengan aturan ketentuan yang ada agar segera ditindak sesuai ketentuan yang berlaku.

"Sejauh ada pelanggaran, tentu harus ada sanksi," ujarnya.

3. Bakal cek surat IMB, AMDAL, hingga sertifikat layak huni

Kemang Banjir, Anies Perintahkan Wagub Inventarisir Izin BangunanWagub DKI Jakarta Riza Patria di lahan Sawah Abadi, Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur pada Rabu (15/7/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sebelumnya, Riza juga mengatakan bahwa tidak sedikit pengembang yang berkontribusi negatif pada lingkungan di Jakarta.

"Ada kehadiran developer justru meningkatkan perbaikan infrastruktur bagi kepentingan masyarakat sekitar. Tapi ada juga developer yang hadir di Jakarta ini, justru kehadirannya mengakibatkan masalah di lingkungan sekitarnya," ujar dia pada Senin (23/2/2021) malam.

Dia mengatakan bahwa nantinya pihak Pemprov bakal mendiskusikan apa yang terjadi jika ada masalah. "Tidak hanya masalah banjir, masalah macet, dan masalah lingkungan lainnya," ujar dia.

Riza mengatakan pihaknya bakal mengecek para pengembang tersebut mulai dari dengan Surat IMB, AMDAL, hingga sertifikat layak huni.

Baca Juga: Foto Penampakan Kemang Sebelum Disulap, Pengamat: Dulu Hijau dan Alami

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya