Hari Ibu ke-94, KemenPPPA Beri Penghargaan Daerah Layak Anak

Puncak perayaan Hari Ibu berlangsung di Bengkulu

Bengkulu, IDN Times - Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-94 berlangsung di Bengkulu. Pada puncak perayaan, Ikatan Pimpinan Tinggi Perempuan Indonesia (PIMTI) memberikan penghargaan kepada kementerian atau lembaga yang memberikan sejumlah ruang, kesempatan, serta posisi pimpinan tinggi perempuan.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) juga memberikan penghargaan terhadap Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak (DRPLA), serta pengumuman dan pemberian hadiah kepada pemenang kompetensi Festival SAPA 129.

Baca Juga: Puncak Hari Ibu, Menteri PPPA: Perempuan Masih Dianggap Kaum Lemah 

1. Daerah penerima penghargaan DRPLA dan Festival SAPA 129

Hari Ibu ke-94, KemenPPPA Beri Penghargaan Daerah Layak AnakMenteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di acara puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-94 di Balai Semarak, Bengkulu, Kamis (22/12/2022). (dok. KemenPPPA)

Adapun daerah-daerah yang menerima Penghargaan DRPLA 2022 antara lain Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Bali, dan Provinsi Kepulauan Riau. Sementara, pemenang kompetensi Festival SAPA 129 adalah Provinsi Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kota Surabaya, dan Kota Denpasar.

Menutup rangkaian acara peringatan Hari Ibu ke-94 Tahun 2022, Menteri PPPA Bintang Puspayoga bersama kedua Menteri PPPA periode terdahulu, Linda Amalia Sari Gumelar dan Yohana Susana Yembise, meninjau lokasi display herbal dan rempah nusantara, makanan pengganti beras untuk pencegahan stunting, makanan favorit Fatmawati Soekarno, dan bazaar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khas Bengkulu.

Bintang juga mengunjungi rumah kediaman Sukarno pada waktu pengasingan di Bengkulu.

2. Penilaian dari berbagai indikator

Hari Ibu ke-94, KemenPPPA Beri Penghargaan Daerah Layak AnakMenteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di acara puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-94 di Balai Semarak, Bengkulu, Kamis (22/12/2022). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Bintang menjelaskan, memang peringatan Hari Ibu tahun ini, menurutnya sangat spesial, karena ada apresiasi yang diberikan dari kementerian.

"Penghargaan KLA itu juga ada tahapannya yang tentu apa indikator-indikator bobotnya akan berbeda, apakah pratama, madya, nindya, maupun utama," ujarnya.

Harapanya, kata Bintang, penghargaan DRPLA jadi penting untuk mendorong regulasi daerah atau provinsi yang berperspektif gender.

Baca Juga: Hari Ibu, Menteri PPPA Ziarah dan Sambangi Istri Pejuang Bengkulu

3. Rangkaian peringatan Hari Ibu ke-94 di Bengkulu

Hari Ibu ke-94, KemenPPPA Beri Penghargaan Daerah Layak AnakPuncak Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-94 tahun 2022 di Balai Semarak, Bengkulu Kamis (22/12/2022) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Rangkaian peringatan Hari Ibu ke-94 telah berlangsung sejak akhir November 2022 dengan berbagai macam kegiatan seperti seminar, talk show, workshop/kampanye, ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta dan Bengkulu, bakti sosial, napak tilas sejarah perjuangan Fatmawati Soekarno dengan mengunjungi Museum Fatmawati Soekarno.

Kemudian, kegiatan “Menjahit Bendera Merah Putih” oleh para gubernur perempuan dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dari seluruh provinsi. Ada juga bazaar produk Usaha Mikro Kecil Menengan (UMKM) perempuan Bengkulu.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya