Comscore Tracker

Kendaraan Bermotor Disebut Jadi Sumber Utama Polusi di Jakarta

DLH DKI sebut hal ini tingkatkan jumlah emisi

Jakarta, IDN Times - Kendaraan bermotor disebut menjadi sumber utama polusi udara di DKI Jakarta, usai meningkatnya kemacetan dan pencemaran udara. Peningkatan jumlah dan jenis kendaraan bermotor menyebabkan meningkatnya jumlah emisi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto, mengatakan bertambahnya jumlah dan jenis kendaraan bermotor menyebabkan peningkatan emisi yang dikeluarkan berupa karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), nitrogen oksida (NO), dan debu.

“Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta mengajak masyarakat pemilik kendaraan bermotor untuk turut serta menjaga kualitas udara Jakarta dengan melakukan pemeliharaan kendaraan secara rutin dan melakukan uji emisi kendaraan bermotor secara berkala,” kata Asep dalam keterangannya, Selasa (26/10/2021).

1. Sektor transportasi sumbang polusi udara tertinggi

Kendaraan Bermotor Disebut Jadi Sumber Utama Polusi di JakartaIlustrasi Polusi Udara. (IDN Times/Anata)

DLH DKI Jakarta bekerja sama dengan Vital Strategies melakukan penghitungan inventarisasi emisi polusi udara. Hasilnya, sumber polusi terbesar di Ibu Kota berasal dari sektor transportasi untuk polutan PM2.5, NOx dan CO.

Sementara itu, kontributor kedua adalah industri pengolahan, terutama untuk polutan SO2.

Baca Juga: Awas! Kendaraan di DKI yang Tak Lulus Uji Emisi Bakal Ditilang

2. Peningkatan ekonomi seiring dengan peningkatan polusi

Kendaraan Bermotor Disebut Jadi Sumber Utama Polusi di JakartaIDN Times/Dwifantya Aquina

Kajian yang dilakukan di tahun 2020 ini bertujuan mengukur kontributor emisi terbesar di Jakarta. Hal tersebut menjadi landasan pembuatan kebijakan berkaitan dengan polusi udara di Jakarta.

Asep memaparkan meningkatnya kegiatan perekonomian di Jakarta berpotensi meningkatkan polusi udara. Kajian yang menggunakan data tahun 2018 ini secara keseluruhan mencakup sektor transportasi, industri pengolahan, industri energi, residensial, dan konstruksi.

3. Sektor transportasi sumbang 96,36 persen karbon monoksida

Kendaraan Bermotor Disebut Jadi Sumber Utama Polusi di JakartaIDN Times/Gregorius Aryo Damar P

Temuan utama dari kajian tersebut adalah sektor transportasi yang merupakan sumber utama polusi udara. Terutama, untuk polutan NOx (72,40 persen), CO (96,36 persen), PM10 (57,99 persen), dan PM2.5 (67,03 persen).

Sementara itu, sektor industri pengolahan menjadi sumber polusi terbesar untuk polutan SO2 (61,96 persen) dan merupakan kontributor terbesar kedua untuk NOx (11,49 persen), PM10 (33,9 persen) dan PMs2.5 (26,81 persen).

Baca Juga: Anies Terbitkan Pergub Rendah Karbon di Jakarta Atasi Perubahan Iklim

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya