Comscore Tracker

Ketersediaan Oksigen di DKI Aman, Wagub Ahmad Riza: Tidak Usah Panik

Minta masyarakat jangan timbun oksigen 

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim ketersediaan oksigen di Jakarta aman. Dia meminta masyarakat tak panik terkait masalah oksigen untuk penanganan pandemik COVID-19 di DKI Jakarta.

"Saya sudah cek ke beberapa rumah sakit, insyallah ketersediaan oksigen cukup. Masyarakat tidak usah panik," ujar dia  di Jakarta, Jumat (16/7/2021).

1. Masyarakat tak perlu beli oksigen untuk disimpan di rumah

Ketersediaan Oksigen di DKI Aman, Wagub Ahmad Riza: Tidak Usah PanikPengisian oksigen di Hikmah Gas Medical Oxygen, Cilandak, Jaksel, di tengah kelangkaan oksigen (dok. IDN Times)

Riza meminta masyarakat tidak panik dengan membeli oksigen maupun tabungnya padahal mereka sedang tidak sakit. Dia mengatakan oksigen hanya diberikan untuk kepentingan kesehatan di rumah sakit atau tempat yang memerlukan, bukan untuk disimpan.

"Warga juga tidak perlu menimbun oksigen untuk ditaruh di rumah masing-masing, apabila tidak membutuhkan, apabila tidak sakit," kata dia.

Baca Juga: Menkes: Kebutuhan Oksigen Pasien COVID-19 per Hari Hampir 2 Ribu Ton

2. Minta masyarakat jangan timbun oksigen untuk cari keuntungan

Ketersediaan Oksigen di DKI Aman, Wagub Ahmad Riza: Tidak Usah PanikAtrean panjang pengisian tabung oksigen di Jakarta Selatan. (IDN Times/Sachril Agustin Berutu)

Dia berharap tak ada penimbunan oksigen di Ibu kota apalagi untuk mencari keuntungan semata. Dia menegaskan oksigen hanya untuk pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan.

DKI Jakarta juga sudah menyiapkan tempat-tempat pengisian tabung oksigen, salah satunya adalah posko rescu oxygen di Monas, Jakarta Pusat.

"Jadi kalau di rumah sakit-rumah sakit juga sudah ada," kata dia.

3. Kebutuhan oksigen pasien COVID-19 per hari hampir 2 ribu ton

Ketersediaan Oksigen di DKI Aman, Wagub Ahmad Riza: Tidak Usah PanikBudi Gunadi Sadikin (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Sedangkan pemerintah pusat menginformasikan bahwa kebutuhan oksigen medis semakin meningkat setiap harinya karena lonjakan kasus COVID-19. Dia mengatakan dalam sehari bisa ada permintaan 2 ribu ton oksigen.

“Kebutuhan oksigen memang meningkat sangat pesat dari sebelumnya 400 ton per hari naik hampir jadi 2 ribu ton per hari,” ujar Menteir Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (16/7/2021).

Baca Juga: Menkes: Kebutuhan Oksigen Pasien COVID-19 per Hari Hampir 2 Ribu Ton

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya