Comscore Tracker

Ketua BEM UI Dipanggil Pimpinan Kampus Usai Kritik Jokowi Viral

Banyak dukungan pada ketua BEM UI Leon Alvinda

Jakarta, IDN Times - Kritikan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo melalui meme atau poster di Twitter, ditanggapi dengan panggilan pimpinan kampus.

Rektorat UI melayangkan surat pemanggilan kepada Ketua BEM UI Leon Alvinda Putra beserta wakilnya Yogie Sani, usai mengkritik Jokowi dengan memberi julukan The king of lip service.

Dalam surat yang tersebar di media sosial tertulis bahwa Direktur Kemahaswaan UI yakni Tito Latif Indra yang melayangkan panggilan tersebut.

"Sehubungan dengan berebdarnya poster yang dikeluarkan BEM UI melalui akun medsos official BEM UI menggunakan poto Presiden RI. dengan ini Kami memanggi saudara," tulis surat tersebut seperti dikutip, Minggu (26/7/2021).

Baca Juga: Dapat Julukan Ini dari BEM UI, Jokowi Diminta Stop 'Membual'

1. Ada 10 orang yang dipanggil pihak rektorat

Ketua BEM UI Dipanggil Pimpinan Kampus Usai Kritik Jokowi ViralANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Bukan hanya ketua dan wakil ketua BEM UI yang dipanggil, Koordinator Bidang Sosial Polotik BEM UI, Ginanja Ariyasuta Eka dan Kepala Kantor Komunikasi dan Informasi Chirstopher Christian serta enam orang lainnya turut dipanggil.

Sepuluh orang ini diminta hadir hari ini juga pukul 15.00 WIB di ruang rapat UI.

2. Faisal Basri sebut dosen ketakutan

Ketua BEM UI Dipanggil Pimpinan Kampus Usai Kritik Jokowi ViralEkonom Senior, Faisal Basri. IDN Times/Hana Adi Perdana

Pemanggilan ketua BEM UI dan jajarannya ini mendapat respons pengguna media sosial. Akun twitter Leon Alvinda @Leon_Alvinda dibanjiri dukungan, salah satunya Ekonom UI Faisal Basri.

Dia mengatakan BEM UI sekarang dan sebelumnya banyak melakukan riset ilmiah, jadi tidak asal ngomong. Mereka juga menurut Faisal punya departemen kajian strategis. 

"Para dosen ketakutan karena kalau kritis dipersulit jadi guru besar," kata dia dalam akun Twitter @FaisalBasri.

3. Taufik Basari sebut kritikan dari mahasiswa itu biasa

Ketua BEM UI Dipanggil Pimpinan Kampus Usai Kritik Jokowi ViralANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Sementara, Anggota Komisi III DPR Taufik Basari, lewat akun Twitter @taufikbasari mengatakan, kritik dari mahasiswa adalah hal yang biasa dan tugas di samping kuliah.

"Mahasiswa mengkritik itu biasa, bahkan itu tugasnya di samping kuliah. Kritik dgn nyeleneh pun biasa, namanya anak muda. Dono dan Kasino waktu mahasiswa dulu jg kritik dgn nyeleneh. Kita tdk bisa hidup dalam alam demokrasi," tulisnya.

Aktivis Antikorupsi Donal Fariz juga turut menyuarakan pendapatnya, dia mengaku terkesima dengan UI yang langsung melayangkan panggilan pada hari yang sama, saat satire berisi kritik pada Jokowi itu dibuat. Dia bahkan mempertanyakan apakah UI 24 jam melayani penguasa.

"Satire @BEMUI_Official dibalas panggilan pimpinan Kampus. Surat dibuat hari minggu ( 27/6) untuk panggilan hari yg sama. Luar biasaa..Apakah UI bekerja 24 jam untuk melayani penguasa ?" cuitnya di akun @donalfariz.

4. Istana sebut pemerintah tidak anti-kritik

Ketua BEM UI Dipanggil Pimpinan Kampus Usai Kritik Jokowi Viral(Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Ibu Iriana Jokowi) ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Menanggapi hal ini, Juru bicara Presiden Jokowi Fadjroel Rachman mengatakan tiap aktivitas yang ada di UI, termasuk BEM UI adalah tanggung jawab dari universitas.

"Segala aktivitas kemahasiswaan di Universitas Indonesia, termasuk BEM UI menjadi tanggung jawab pimpinan Universitas Indonesia," ujarnya pada wartawan, Minggu (27/6/2021).

Sedangkan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral mengatakan meme yang diunggah tersebut adalah bentuk ekspresi dari mahasiswa BEM UI. Meskipun menurut dia, pengeskpresian tersebut perlu data dan fakta, meski pemerintah menurutnya tidak anti-kritik.

"Tetapi bahwa saya harus tegaskan pemerintah tidak anti-kritik, asal kritik bisa dipertanggungjawabkan pasti akan direspons," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Dijuluki The King of Lip Service, Begini Reaksi Istana

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya