Ketua DPRD Bingung Anies Tunjuk Donny Saragih Jadi Dirut TransJakarta

Kok bisa ya terpidana kasus penipuan jadi Dirut TransJakarta

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya mencopot Direktur Utama (Dirut) TransJakarta Donny Andy S. Saragih dari jabatannya karena terjerat kasus penipuan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mempertanyakan bagaimana seorang yang terlibat kasus hukum, bahkan sudah berstatus terpidana, layak mengemban jabatan Dirut TransJakarta. Menurut dia, seharusnya Anies tidak perlu memaksakan sosok tertentu untuk mengemban jabatan yang ada.

"Kok bisa ya jadi Dirut TransJakarta," kata Prasetyo di kawasan Monas, Jakarta, Senin (27/1).

1. Harusnya Pemprov DKI sudah tahu kualifikasi calon yang ditunjuk melalui fit and proper

Ketua DPRD Bingung Anies Tunjuk Donny Saragih Jadi Dirut TransJakartaKetua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi sidak proyek Revitalisasi Monas (IDN Times/Lia Hutasoit)

Pras juga mempertanyakan bagaimana sebenarnya proses fit and proper Dirut TransJakarta dilaksanakan hingga mendapatkan nama Donny Saragih.

"Tapi sebetulnya Pemprov dengan fit and proper, siapa dia si A si B harusnya sudah tahulah, Jakarta dengan anggaran yang besar-besar, kita ingin Jakarta menjadi kota yang baik, yang metropolitan," kata Prasetyo.

Baca Juga: Mantan Dirut TransJakarta Donny Saragih Angkat Bicara Soal Pidananya

2. Anies harus bisa dengarkan saran banyak pihak

Ketua DPRD Bingung Anies Tunjuk Donny Saragih Jadi Dirut TransJakartaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Politikus PDIP tersebut juga meminta Anies untuk tidak hanya mendengarkan pendapat dari Tim Gubernur untuk Percepatan Daerah (TGUPP) karena mereka hanya bertugas memberi saran.

"Harus dengarlah semua orang, partner kerja dia," ujar Prasetyo.

3. Penunjukan Donny Saragih, ternyata terpidana penipuan

Ketua DPRD Bingung Anies Tunjuk Donny Saragih Jadi Dirut TransJakartaRute TransJakarta koridor 2 dialihkan karena adanya Reuni 212 di Monas, Aryodamar/IDN Times

Donny Andy S Saragih ditunjuk sebagai Dirut TransJakarta pada Kamis (23/1) menggantikan Agung Wicaksono yang mengundurkan diri.

Namun, nama Donny tercatat dalam Perkara 490/Pid.B/2018/PN Jkt.Pst dengan klasifikasi perkara pemerasan dan pengancaman. Donny terjerat kasus ini bersama rekannya Porman Tambunan alias Andi Tambunan.

Keduanya didakwa melakukan tindak pidana penipuan dan diancam pidana dalam Pasal 378 jo pasal 55 ayat (1) ke-1 jo pasal 64 ayat (1) KUHP dengan tuntutan 2 tahun penjara.

Baca Juga: Terpidana Penipuan Donny Andy Saragih Batal Jadi Dirut TransJakarta

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya