Klaim COVID Terkendali, Anies: Kegiatan Ibadah Ramadan Dilonggarkan

Anies minta hindari kumpul keluarga dalam jumlah banyak

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Ramadan tahun ini adalah kali kedua yang dijalani bersamaan dengan suasana pandemik COVID-19.

Menurut dia, yang berbeda dari tahun lalu, pembatasan kegiatan ibadah tahun ini lebih longgar karena situasi pandemik di Jakarta dinilai sudah relatif terkendali.

"Alhamdulillah situasi di Jakarta saat ini relatif terkendali. Dan proses vaksinasi di Jakarta terus berjalan dengan cepat, dengan prioritas tenaga kesehatan, warga lansia dan petugas pelayan publik. Kondisi ini menjadi dasar bagi pemerintah untuk mengatur pembatasan kegiatan ibadah di bulan Ramadan, yang tahun ini bisa lebih longgar dibanding tahun lalu," kata Anies seperti dikutip melalui akun Instagramnya @aniesbaswedan, Selasa (13/4/2021).

1. Salat tarawih di masjid tetap dengan protokol kesehatan

Klaim COVID Terkendali, Anies: Kegiatan Ibadah Ramadan DilonggarkanSuasana Salat Tarawih malam pertama di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh (IDN Times/Saifullah)

Dia menjelaskan bahwa saat ini, kegiatan salat tarawih di masjid sudah diperbolehkan, namun dengan syarat tetap mengikuti protokol kesehatan dalam penanganan COVID-19.

"Diperbolehkan dengan kapasitas maksimal 50 persen dan tetap mengikuti protokol kesehatan ketat," ujar mantan menteri pendidikan dan kebudayaan tersebut.

Baca Juga: Ini Deretan Kebijakan Gubernur Anies Baswedan Selama Ramadan 2021

2. Anies sebut pandemik belum usai

Klaim COVID Terkendali, Anies: Kegiatan Ibadah Ramadan DilonggarkanGubernur Anies Baswedan hadiri Rakerda DKI Jakarta secara virtual di Rumah Dinas Taman Suropati, Menteng (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Gubernur DKI Jakarta ke-16 ini mengungkapkan bahwa pandemik COVID-19 belum usai. Bahkan menurutnya beberapa negara tengah menghadapi lonjakan kasus dan sudah memasuki gelombang ketiga akibat varian baru COVID-19.

"Karena itu penting sekali untuk kita serius mencegah agar hal tersebut tidak terjadi di sini," kata dia.

3. Anies minta hindari kumpul-kumpul keluarga dalam jumlah yang terlalu banyak

Klaim COVID Terkendali, Anies: Kegiatan Ibadah Ramadan DilonggarkanIlustrasi berbuka puasa (Dok. IDN TImes)

Anies mengatakan bahwa godaan bulan ramadan kerap kali datang, salah satunya adalah untuk berkumpul, namun menurutnya itu adalah inti dari ibadah di bulan suci ramadan.

Dia meminta agar masyarakat Jakarta bisa tahan godaan dan menjaga amanah serta tidak menyia-nyiakan kelonggaran yang telah dibuat.

"Risiko tertular dan menularkan itu masih ada, termasuk teman-teman yang sudah divaksin. Hindari mengadakan buka bersama, kumpul-kumpul keluarga begitu banyak, tanpa ada menjaga jarak, apalagi sampai membuka masker," kata dia.

4. Minta masyarakat prioritaskan keselamatan

Klaim COVID Terkendali, Anies: Kegiatan Ibadah Ramadan DilonggarkanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Tak lupa pria dengan nama lengkap Anies Rasyid Baswedan ini juga mengingatkan agar masyarakat Jakarta bisa disiplin menjalani protokol kesehatan dan berharap agar pandemik COVID-19 segera usai.

"Tahun ini prioritaskan keselamatan, keselamatan dan keselamatan," kata dia.

Baca Juga: Anies Perpanjang Jam Buka Restoran Hingga 22.30 Selama Ramadan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya