Comscore Tracker

Komentari Greta Thunberg, JK: Anak Muda Kini Galak Soal Isu Lingkungan

Millennial dan Gen-Z kini lebih vokal dengan isu lingkungan

Jakarta, IDN Times - Pada pembukaan SGDs Annual Conferance 2019, Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla (JK) mengatakan bagaimana laut dapat berperan penting dalam kehidupan manusia dan menjadi tujuan untuk menurunkan angka kemiskinan.

SGDs Annual Conference 2019 dilaksanakan mulai 8-9 Oktober 2019 di Jakarta dengan tema "Sustainable Ocean for Improving Prosperity and Reducing Equality" yang merupakan tujuan ke-14 dari 17 tujuan yang dibuat PBB dan diharapkan dapat tercapai pada 2030.

1. JK: Greta Thunberg membuka mata dunia soal isu lingkungan

Komentari Greta Thunberg, JK: Anak Muda Kini Galak Soal Isu LingkunganIDN Times/Lia Hutasoit

Menurut Jusuf Kalla, kini generasi muda yang paling galak menggaungkan isu terkait lingkungan. Dia menyinggung bagaimana Greta Thunberg marah di depan PBB dan membuat dunia membuka mata bahwa generasi mudalah yang kini lebih keras pada isu ini.

"Memang di dunia ini justru yang marah-marah adalah anak-anak, di PBB yang marah Greta Thunberg, biasanya kita yang mengawasi anak, kita sekarang anak yang mengawasi kita," kata JK saat membuka acara SGDs Annual Conference 2019 di Jakarta, Selasa (8/10).

Para hadirin yang ada di ruangan itu pun tertawa mendengar ucapan JK.

2. Seminar saja tidak cukup bahas isu lingkungan

Komentari Greta Thunberg, JK: Anak Muda Kini Galak Soal Isu LingkunganIDN Times/Lia Hutasoit

Menurut JK, pembahasan isu terkait kelautan tidak dapat dibahas melalui seminar-seminar saja, perlu ada aksi nyata.

17 tujuan yang digaungkan oleh PBB akan terlihat hasilnya pada 2030 nanti, kali ini adalah tujuan ke-14 yang sedang digalakkan yakni ekosistem lautan.

"Jadi ini bukan sesuatu yang hanya dapat diseminarkan, sesuatu yang harus dilaksanakan," tegasnya.

Baca Juga: Dinominasikan Nobel Perdamaian di Usia Belia, Siapa itu Greta Thunberg

3. Nicholas dan Ruben, bukti nyata anak muda Indonesia juga peduli lingkungan

Komentari Greta Thunberg, JK: Anak Muda Kini Galak Soal Isu LingkunganIDN Times /Lia Hutasoit

Vokalnya generasi muda terkait isu lingkungan juga terlihat dari hadirnya dua bocah laki-laki asal SD Bina Nusantara, Simprung, yakni Nicholas dan Ruben yang mempresentasikan isu terkait kehidupan di bawah laut dan bagaimana peran laut dalam kehidupan manusia.

Dalam presentasinya mereka menjelaskan mengapa polusi air perlu dihilangkan.

"Puing-puing laut tidak hanya tidak sedap dipandang namun juga berbahaya bagi kehidupan laut, berbahaya bagi kesehatan manusia dan berpengaruh pada perekonomian kita," ujar Nicholas dan Ruben .

4. SDGs Annual Conference 2019

Komentari Greta Thunberg, JK: Anak Muda Kini Galak Soal Isu LingkunganIDN Times/Mela Hapsari

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) merupakan Koordinator Nasional Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SGDs).

Agenda tahunan yang telah dilaksanakan dua kali ini akan digelar selama dua hari yakni 8-9 Oktober 2019 di Jakarta dengan tema "Sustainable Ocean for Improving Prosperity and Reducing Equality".

"Konferensi ini bertujuan untuk memberikan masukan kepada para perumus kebijakan dalam melaksanakan program pembangunan dengan lebih baik untuk mencapai target SDGs di 2030," jelas Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro sekaligus Koordinator Tim Nasional Pelaksanaan Pencapaian SDGs.

Baca Juga: Greta Thunberg Tuding Pemimpin Dunia Tak Becus Atasi Perubahan Iklim

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya