Kominfo Bakal Tambah Bandwidth 5G Saat MotoGP Mandalika 2022

Disediakan di beberapa lokasi strategis

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate menyatakan pemerintah menyiapkan 4G sebagai tulang punggung dan 5G experience selama MotoGP Mandalika 2022 yang berlangsung pada 18-20 Maret 2022. Kominfo akan menambah bandwidth serta menyiapkan showcase 5G.

“Pasti saat ini 4G akan menjadi tulang punggung komunikasi, tetapi kita juga menyiapkan untuk 5G experience. Di samping Telkomsel, XL dan Indosat Ooredoo pun sudah siap untuk 5G experience,” ujar Johnny dalam keterangan tertulis dikutip Sabtu (22/1/2022).

1. Layanan 5G ditempatkan di wilayah media, akomodasi hingga bandara

Kominfo Bakal Tambah Bandwidth 5G Saat MotoGP Mandalika 2022IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jhonny menerangkan cakupan pelayanan baik 4G maupun 5G akan disediakan di beberapa lokasi strategis. Di antaranya area berkumpul media, akomodasi, sekuriti, bandara dan venue MotoGP Mandalika.

“Di kawasan Mandalika kami siapkan dan kami akan jaga dengan baik. Juga disiapkan untuk Telkom milimeter wave untuk showcase demo 5G spektrum tinggi 26 dan 28 GHz. Itupun kita siapkan untuk mereka menyiapkan 5G experience,” ujarnya. 

Baca Juga: Jelang MotoGP Mandalika 2022, ITDC Rombak Direksi MGPA

2. Kerja sama Kominfo dengan operator seluler

Kominfo Bakal Tambah Bandwidth 5G Saat MotoGP Mandalika 2022Foto udara pembangunan hotel Pullman di Kawasan pariwisata The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/12/2020). (ANTARA FOTO /Ahmad Subaidi)

Sedangkan untuk penyelenggara telekomunikasi XL Axiata, kata dia, juga akan showcase 5G dengan teknologi fixed wireless access dan immersive extended reality berupa virtual racing.

“Ada banyak nanti 5G yang ditempatkan di Mandalika untuk experience-nya memanfaatkan virtual reality itu bisa nanti disaksikan. Pada intinya kerja sama antara Kominfo dengan operator seluler maupun dengan operator fiber optic kita koordinasikan terus menerus,” kata Johnny. 

3. Bakal ada uji coba untuk antisipasi penggunaan internet yang meningkat

Kominfo Bakal Tambah Bandwidth 5G Saat MotoGP Mandalika 2022Sejumlah pekerja melakukan tes kedalaman tekstur aspal lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/8/2021). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Untuk mengantisipasi kenaikan pengguna telekomunikasi, Kominfo menyiapkan spektrum tambahan. Dia menjelaskan akan ada 110 ribu pengunjung ke Mandalika, berarti traffic bandwidth-nya tinggi.

Johnny menjelaskan rata-rata penggunaan kapasitas internet paling rendah antara 2-3 Mbps kecepatan harus disiapkan. Saat ini, Kementerian Kominfo telah mengukur ketersediaan di wilayah Mandalika di atas 10 Mbps.

“Tapi pada saat banyak orang datang pasti akan berpengaruh. Sehingga di saat perlombaan setiap orang butuh layanan internet, maka layanan ini akan kita jaga dengan baik sehingga 4G dan 5G kita siapkan di area masif,” ujarnya.

Uji coba akan dilaksanakan pada 11-13 Februari mendatang.

Baca Juga: Usulan KOI yang Bisa Diterapkan di MotoGP Mandalika

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya