Kominfo Tutup Situs presiden.go.id: Agar Masyarakat Tidak Bingung

Situs resmi presodenri.go.id

Jakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menjelaskan perkara situs presiden.go.id yang menunjukkan bahwa domain tersebut belum melunasi pembayaran. 

Saat warganet mengakses situs tersebut, tertulis keterangan dalam proses pembayaran.

"Maaf, situs yang Anda coba akses saat ini tidak tersedia karena sedang dalam proses penyelesaian pembayaran sewa nama domain," tulis keterangan dalam situs tersebut, seperti dilihat IDN Times, Kamis (24/11/2022).

Situs resmi Presiden Republik Indonesia (RI) saat ini dengan nama domain presidenri.go.id dan tidak ada nama domain lain.

"Nama domain presiden.go.id bukan merupakan domain situs resmi Presiden RI saat ini. Nama domain itu pernah diajukan untuk dibuka pada 29 April 2015, namun telah kedaluwarsa (expired) terhitung tanggal 29 April 2016 karena tidak pernah digunakan," ungkap Kominfo dalam keterangannya, Jumat (25/11/2022).

1. Nama domain ditangguhkan

Kominfo Tutup Situs presiden.go.id: Agar Masyarakat Tidak BingungTangkap layar tampilan situs presidenri.go.id (presidenri.go.id)

Kominfo juga menjelaskan, karena tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka nama domain tersebut telah ditangguhkan (suspended) sejak 7 September 2021. 

"Dengan demikian, penangguhan atas nama domain presiden.go.id bukanlah hal yang baru," kata dia.

Baca Juga: Kejagung Belum Ada Rencana Periksa Menkominfo soal Korupsi BTS Kominfo

2. Situs resmi adalah presidenri.go.id

Kominfo Tutup Situs presiden.go.id: Agar Masyarakat Tidak BingungTangkap layar tampilan situs presidenri.go.id (presidenri.go.id)

Saat ini, Kominfo telah menghapus nama domain presiden.go.id agar tidak menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat.

Seputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menegaskan presiden.go.id bukan situs resmi presiden. Yang benar, kata dia, masyarakat bisa mengunjungi laman presidenri.go.id.

"Alamat resmi presidenri.go.id," ujar Bey kepada wartawan.

3. Situs yang update kegiatan Presiden dan Wakil Presiden

Kominfo Tutup Situs presiden.go.id: Agar Masyarakat Tidak BingungPresiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Perlu diketahui, situs presidenri.go.id juga rutin memperbarui informasi keterangan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Selain itu, kegiatan Ibu Iriana Joko Widodo juga diunggah dalam situs presidenri.go.id. Kegiatan yang diunggah berupa artikel, foto dan video.

Baca Juga: Istana Tegaskan Situs Resmi Presiden Hanya presidenri.go.id

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya