Komisi IX DPR: Kerumunan Terkait Rizieq Shihab Perlu Ditegur

Pemerintah diminta bertindak tegas dan jelas

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Muchamad Nabil Haroen, menanggapi soal kerumunan massa di Bandara Soekarno-Hatta yang menyambut kepulangan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Pria yang kerap disapa Gus Nabil ini mengatakan, Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 dan perwakilan pemerintah perlu memberikan teguran terkait kegiatan berkerumun yang terjadi di tengah masyarakat, agar kejadian serupa tidak dijadikan contoh oleh komunitas masyarakat lainnya.

"Ini hal penting yang harus disampaikan, agar masyarakat secara luas juga aware bahwa protokol kesehatan di masa pandemik ini bisa diberlakukan secara ketat," kata Gus Nabil dalam keterangannya, Sabtu (14/11/2020).

Baca Juga: Epidemiolog Khawatir Hajatan Rizieq Shihab Picu Melonjaknya COVID-19

1. Pemerintah perlu bertindak tegas dan jelas soal protokol kesehatan

Komisi IX DPR: Kerumunan Terkait Rizieq Shihab Perlu DitegurBendera Bergambar Rizieq Shihab saat Aksi Bela Muslim Uighur (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Nabil juga mengatakan, pemerintah setidaknya bisa bertindak tegas dan jelas terkait aturan protokol kesehatan di tengah COVID-19.

"Pemerintah harus tegas dan jelas terkait dengan protokol kesehatan, serta mekanisme penanggulangan COVID-19," ujarnya.

Dia juga mengingatkan agar jangan sampai kegiatan berkerumun menjadi pembenaran atas kesalahan atau penyalahgunaan protokol kesehatan, yang bisa merugikan banyak pihak secara luas.

2. Terjadinya kerumunan saat Rizieq Shihab pulang harusnya jadi alarm bagi Indonesia

Komisi IX DPR: Kerumunan Terkait Rizieq Shihab Perlu DitegurIlustrasi petugas medis melakukan perawatan terhadap pasien terinfeksi virus corona (COVID-19) di instalasi khusus. ANTARA FOTO/REUTERS/Ronen Zvulun

Dia juga mengatakan, peristiwa kerumunan yang terjadi seharusnya jadi peringatan bagi Indonesia.

"Peristiwa kerumunan yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta ketika HRS (Habib Rizieq Shihab) kembali ke Indonesia, harusnya menjadi alarm," kata Nabil.

3. Rizieq tiba di Jakarta dan dijemput ribuan warga

Komisi IX DPR: Kerumunan Terkait Rizieq Shihab Perlu DitegurSuasana penjemputan Rizieq Shihab di sekitar bandara Soekarno-Hatta (Front TV)

Kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia setelah tiga tahun berada di Arab Saudi, disambut simpatisan pendukungnya pada Selasa, 10 November 2020. Hal itu membuat kerumunan massa tak terhindarkan meski pandemik COVID-19 belum teratasi.

Usai keluar dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 09.00 WIB, Rizieq disambut simpatisan yang telah menanti kehadirannya sejak subuh. Bandara pun dipadati ribuan massa. Bahkan sejumlah ruas jalan juga terpaksa ditutup karena membeludaknya massa yang menyambut kedatangan Rizieq.

Baca Juga: Rizieq Shihab Nikahkan Putrinya Hari Ini, Tokoh dan Ulama Akan Hadir

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya