Komnas HAM Buka Peluang Periksa 25 Polisi di Kasus Brigadir J

Total ada 25 polisi yang diperiksa Irsus bentukan Kapolri

Jakarta, IDN Times - Sudah ada 25 polisi yang diperiksa oleh Inspektorat Khusus (Irsus) bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dalam perkembangan kasus kematian Brigadir J, guna menelusuri peristiwa ini. Mereka diperiksa atas dugaan tidak profesional dalam penanganan tempat kejadian perkara (TKP).

Komnas HAM mengungkapkan, pihaknya mungkin akan melakukan pemeriksaan pada 25 Polisi tersebut. Meski demikan belum ada agenda terkait hal tersebut.

"Kami belum mengagendakan begitu, tapi tidak tertutup kemungkinan karena kami kan harus step-by-step nih, setiap langkah," kata Komisioner Komnas, HAM Beka Ulung Hapsara, di kantornya, Jumat (5/8/2022).

1. Hari ini ada pemeriksaan balistik di Komnas HAM

Komnas HAM Buka Peluang Periksa 25 Polisi di Kasus Brigadir JKomisioner Komnas HAM RI Beka Ulung Hapsara didampingi Analis Pengaduan Masyarakat Komnas HAM RI menerima pengaduan Paguyuban PPNPN BPPT di Kantor Komnas HAM RI (Rabu, 5/1/2022). (dok. Humas Komnas HAM RI)

Pemeriksaan yang dilakukan dalam kasus ini oleh Komnas HAM dilakukan secara bertahap. Seperti saat ini, Beka mengatakan, pihaknya tengah meminta keterangan dari Puslabfor Polri terkait dengan uji balistik. Maka dari itu, pemeriksaan pada 25 Polisi belum diputuskan.

"Begitu hari ini balistik, kalau memang mereka datang dengan cyber, kita juga akan periksa sekalian. Tapi terkait dengan 25 orang segala macam, belum kami putuskan," kata Beka.

Baca Juga: Timsus Evaluasi Laporan Dugaan Pelecehan Istri Irjen Ferdy Sambo 

2. Sebanyak 25 Polisi dianggap tak profesional tangani TKP

Komnas HAM Buka Peluang Periksa 25 Polisi di Kasus Brigadir JKapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo (dok. Humas Polri)

Sebanyak 25 Polisi diketahui diperiksa atas dugaan ketidakprofesionalan dalam penanganan TKP pada peristiwa tewasnya Brigadir J di rumah dinas eks Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo.

"Juga, beberapa hal yang kami anggap membuat proses olah TKP beserta hambatan-hambatan dalam hal penanganan TKP, penyidikan yang tentunya kita ingin semuanya bisa berjalan dengan baik," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga: 6 Fakta Terbaru Polisi Tembak Polisi di Rumah Kadiv Propam Ferdy Sambo

3. 25 Polisi itu kemudian dimutasi

Komnas HAM Buka Peluang Periksa 25 Polisi di Kasus Brigadir JKepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Irjen Pol Ferdy Sambo berikan arahan kepada semua kapolres di Jateng. (IDN Times/Humas Polda Jateng)

Kapolri akhirnya memutasi 25 personel Polri yang menangani kasus tewasnya Brigadir J. Seluruhnya dimutasi dalam rangka pemeriksaan. Di mana tiga di antaranya merupakan jenderal.

"Malam ini, saya akan keluarkan TR Khusus untuk memutasi. Harapan saya penanganan proses tindak pidana Brigadir Joshua akan berjalan dengan baik. Saya yakin Timsus akan bekerja keras dan menjelaskan kepada masyarakat demi menerangkan semua yang telah terjadi," kata Listyo.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya