Komnas HAM Sudah Kantongi Info Penyebab Luka di Tubuh Brigadir J 

Apakah karena penyiksaan, penembakan atau lainnya

Jakarta, IDN Times - Penyelidikan penyebab tewasnya Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo masih terus dilakukan. Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menjelaskan, pihaknya tengah melakukan pendalaman terkait penyebab luka yang ada di tubuh Brigadir bernama lengkap Nofriansyah Yosua Hutabarat itu.

“Kami melakukan pendalaman terkait penyebab luka, waktu, karakter luka dan lain sebagainya, kemarin hari Kamis (pendalaman) dengan ahli,” kata Anam, Jumat (22/7/2022).

1. Komnas HAM sudah temui ahli

Komnas HAM Sudah Kantongi Info Penyebab Luka di Tubuh Brigadir J Foto keluarga di rumah duka Brigadir J. (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dia menjelaskan, Komnas HAM membawa temuan yang diperoleh terkait kasus penembakan ini, termasuk foto dari keluarga Brigadir J.

“Diskusi itu memakan waktu cukup lama, karena memang kita detail, melihat luka akibat tembakan, ini luka akibat sayatan, apakah akibat-akibat yang lain, semua diskusi itu kita buka, diproses kemarin,” kata dia.

Setiap hal yang diproses Komnas HAM akan jadi bekal lanjutan untuk meminta keterangan lebih dalam dan bekerja secara imparsial guna menjejaki fakta kematian Brigadir J dan kasus ini.

Baca Juga: Keluarga Brigadir J Diperiksa Polda Jambi, Apa yang Disoroti?

2. Cari perkiraan waktu luka yang ada di tubuh Brigadir J

Komnas HAM Sudah Kantongi Info Penyebab Luka di Tubuh Brigadir J Pengacara Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak menunjukkan bukti luka (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Pihaknya juga mendiskusikan perkiraan waktu luka terjadi, karena itu dinilai penting untuk menjadi catatan soal ruang dan waktu peristiwa meninggalnya Brigadir J.

“Itu semua kami lakukan dengan dokter forensik, jadi beberapa waktu terakhir kami mendalami soal luka, background, dan lain sebagainya," ujar dia.

3. Akan periksa dokter yang autopsi Brigadir J

Komnas HAM Sudah Kantongi Info Penyebab Luka di Tubuh Brigadir J Jenazah Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J sebelum dimakamkan. (facebook.com/rohani7131)

Hasilnya adalah catatan penting yang didapatkan tim Komnas HAM dan nantinya akan digunakan untuk salah satu bahan utama bertemu dengan dokter forensik yang mengautopsi Brigadir J pekan depan.

Terkait dengan kesimpulan luka di tubuh Brigadir J, Anam mengatakan pihaknya belum bisa simpulkan penyebab luka, apakah karena penyiksaan atau penembakan. Hal ini karena proses masih berlangsung dan tahapan belum lengkap.

“Namun demikian tim sudah memiliki catatan signifikan yang menunjukkan luka ini akibat apa, karakternya apa, luka itu kapan terjadi dan kira-kira luka itu diakibatkan oleh apa itu sudah punya catatan yang lumayan dalam, sebenarnya kami sudah punya duluan kami diskusikan dengan ahli dokter forensik independen,” kata Anam.

Baca Juga: Penelusuran Didapat, Ini Profil Lokasi PCR Langganan Ferdy Sambo 

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya