Kondisi Surya Anta dan 4 Pemuda Papua yang Ditahan di Mako Brimob

Pengacara siapkan pembelaan terkait tuduhan makar

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-WP), Surya Anta, dan empat pemuda Papua lainnya ditangkap dan ditahan. Mereka ditahan secara berturut-turut mulai dari Jumat (30/8) hingga Sabtu (31/8) lalu.

Surya ditangkap di salah satu pusat perbelanjaan di daerah Jakarta Pusat. Saat itu, dia didatangi sekitar 7 orang. Bagaimana kondisi Surya dan empat pemuda Papua itu saat ini?

Baca Juga: 4 WNA Diduga Ikut Aksi Papua Merdeka Dideportasi dan Ditangkal

1. Surya Anta telah menjalani pemeriksaan

Kondisi Surya Anta dan 4 Pemuda Papua yang Ditahan di Mako BrimobIDNTimes/Lia Hutasoit

Surya Anta ditetapkan sebagai tersangka bersama empat pemuda Papua lainnya. Suarbudaya, Juru Bicara Koalisi Masyarakat Sipil untuk Demokrasi mengatakan, kelimanya telah menjalani pemeriksaan yang berlangsung secara tertutup di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. 

"Surya dan kawan-kawan sudah selesai di BAP (Berita Acara Pemeriksaan), sedang diproses hasil penyidikan tersebut untuk memenuhi kriteria pasal makar," ujar Suarbudaya saat dihubungi IDN Times, Rabu (3/9).

2. Kuasa hukum Surya Anta akan melapor ke Ombudsman

Kondisi Surya Anta dan 4 Pemuda Papua yang Ditahan di Mako BrimobIDN Times/Galih Persiana

Menurut Suarbudaya, usai pemeriksaan, kuasa hukum Surya Anta dan teman-temannya akan mempersiapkan pembelaan mengenai apakah ada pelanggaran makar yang mereka lakukan. Rencananya kuasa hukum akan melaporkan kasus ini ke Ombudsman, Rabu (4/9) besok. 

"Para pengacara sedang menyiapkan pembelaan, salah satu yang mendasar adalah mempertanyakan landasan pasal makar yang secara sewenang-wenang dikenakan pada orang-orang baru-baru ini," ujar Suarbudaya.

3. Lima orang ditetapkan sebagai tersangka

Kondisi Surya Anta dan 4 Pemuda Papua yang Ditahan di Mako BrimobIDN Times/Lia Hutasoit

Surya Anta bersama tujuh pemuda Papua lainnya ditangkap secara beruntun di Jakarta. Penangkapan pertama dilakukan terhadap dua orang mahasiswa Papua di sebuah asrama di Pondok Cina, Depok, Jawa Barat.

Penangkapan kedua berlangsung saat aksi solidaritas untuk Papua di depan Polda Metro Jaya Sabtu sore. Sedang, penangkapan ketiga dilakukan oleh aparat gabungan TNI dan Polri terhadap tiga orang perempuan, di kontrakan mahasiswa asal Kabupaten Nduga di Jakarta. Lalu yang terakhir ditangkap adalah Surya Anta.

Berikut delapan orang yang ditangkap dan ditahan seperti yang tercantum dalam keterangan tertulis pada Minggu (1/9):
1. Carles Kossay
2. Dano Tabuni
3. Ambrosius Mulait
4. Isay Wenda
5. Naliana Wasiangge
6. Wenebita Wasiangge
7. Norince Kogoya
8. Surya Anta

Dari delapan nama itu, hanya 5 orang yang ditahan dan semuanya adalah laki-laki.

Baca Juga: 4 WNA Diduga Ikut Aksi Papua Merdeka Dideportasi dan Ditangkal

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya