KPK Bakal Periksa Kesehatan Lukas Enembe Usai Tiba di Jakarta

KPK tangkap Lukas Enembe di Papua

Jakarta, IDN Times - Gubernur Papua Lukas Enembe akan menjalani prosedur pemeriksaan kesehatan, jika memang nantinya sudah menginjakkan kaki di gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

"Ya tentu mekanisme dalam proses-proses berikutnya pasti kami lakukan pemeriksaan di lantai dua oleh tim penyidik KPK, pemeriksaan kesehatan sebagai pemenuhan hak dari tersangka pasti kami lakukan," kata Kabag Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri, Selasa (10/1/2023).

Ali mengatakan, hal ini juga berlaku bagi saksi, bukan hanya bagi tersangka dugaan kasus korupsi.

"Termasuk ketika seorang tersangka akan dilakukan penahanan, pasti kami juga melakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter KPK," katanya.

Jika nantinya diperlukan keterangan atau pun pemeriksaan dari dokter lainnya, kata Ali, pasti KPK akan memberikan fasilitas sepanjang memang kondisi dibutuhkan.

Lukas dibawa ke Jakarta setelah ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa (10/1/2023) pagi. Lukas ditangkap pada Selasa pagi di Jayapura, Papua dan diketahui ditangkap saat berada di sebuah restoran.

Lukas Enembe telah ditetapkan jadi tersangka dalam dugaan kasus penerimaan suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Papua. KPK juga menetapkan Direktur PT Tabi Bangun Papua (TBP) Rijatono Lakka sebagai tersangka.

Saat penangkapan, pendukung dan simpatisan Lukas tidak terima dan menyerang Mako Brimob di Papua hingga sempat terjadi ketegangan. Polisi terpaksa menembakkan gas air mata.

Baca Juga: KPK Akui Sudah Intai Aktivitas Lukas Enembe Sejak Beberapa Hari Lalu

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya