Kronologi Kerusuhan di Kabupaten Yahukimo Papua 

Massa penyerang datang dengan dua unit minibus

Jakarta, IDN Times - Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan kronologi penyerangan terhadap Suku Yali oleh Suku kimyal yang terjadi di Dekai, Ibu Kota Kabupaten Yahukimo Provinsi Papua, Minggu (3/10/2021).  

"Pada Minggu tanggal 03 Oktober 2021, Pukul 12.45 WIT bertempat di Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, telah terjadi aksi penyerangan terhadap Masyarakat Suku Yali oleh kelompok masyarakat dari suku kimyal," kata Ahmad Musthofa dalam keterangan tertulis, Minggu (3/10/2021).

1. Massa penyerang datang dengan dua unit minibus

Kronologi Kerusuhan di Kabupaten Yahukimo Papua Ilustrasi. Rumah Pelaku NF (15) remaja yang membunuh A (5) di Sawah Besar, Karanganyar (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Kamal mengatakan pada pukul 12.45 WIT, massa Suku Kimyal yang dipimpin Kepala suku umum Kimyal Morome Keya Busup, mendatangi Suku Yali  dengan menggunakan dua unit mobil minibus. Mereka membawa alat tajam berupa busur panah dan parang.

"Personel Polres mendapat informasi dari warga bahwa telah terjadi penyerangan terhadap masyarakat Suku Yali sehingga personel Polres Yahukimo berjumlah 20 orang dipimpin oleh Kasat intelkam AKP I Nengah S Gapar menuju ke TKP," kata dia.

Baca Juga: Kapolda Papua: Kamtibmas Kondusif Pasca Pengesahan UU Otsus Papua

2. Suku Kimyal sempat dihalau petugas

Kronologi Kerusuhan di Kabupaten Yahukimo Papua Ilustrasi Pulau Papua (IDN Times/Mardya Shakti)

Kemudian pada 13.00 WIT, kelompok massa Suku Kimyal berhasil dihalau kemudian meninggalkan TKP dengan menggunakan dua unit mini bus. 

Dua puluh menit kemudian, massa kembali melakukan penyerangan terhadap masyarakat suku Yali yang berada di Hotel Nuri. Kemudian terjadi pembakaran gedung hotel.

3. Beberapa rumah milik masyarakat suku Yali dibakar

Kronologi Kerusuhan di Kabupaten Yahukimo Papua Ilustrasi api, Kebakaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Pukul 13.30 WIT, Kapolres Yahukimo AKBP Deni Herdiana, bersama 20 personel gabungan menuju ke Hotel Nuri dan dilanjutkan ke komplek masyarakat Suku Yali yang ada di komplek Telkomsel untuk menghalau massa.

Pukul 13.35 WIT, Kelompok masyarakat yang dihalau bergerak melalui jalan setapak di belakang barak pemda lama Jalan Jenderal Sudirman, menuju komplek Sekla Jalan Gunung dan membakar beberapa rumah milik masyarakat suku Yali.

4. Masa pembakaran dibubarkan dan korban dievakuasi

Kronologi Kerusuhan di Kabupaten Yahukimo Papua Ilustrasi kebakaran (IDN Times/Yuda Almerio)

Pada pukul 13.40 WIT, Kapolres bersama personel gabungan TNI-Polri bergerak dari Hotel Nuri menuju ke komplek sekla untuk membubarkan kelompok massa yang melakukan pembakaran.

Pukul 14.00 WIT, massa Suku Kimyal berhasil dihalau. Kapolres bersama personel gabungan mengevakuasi korban ke RSUD Dekai.

Pukul 14.30 WIT, Personel gabungan TNI-Polri mengamankan objek vital, di antaranya Kantor Bupati Yahukimo, Kantor DPRD Yahukimo, dan gedung perkantoran lainnya.

Baca Juga: Wagub Papua Meninggal, Tito Karnavian: Beliau Putra Terbaik Papua

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya