Comscore Tracker

Kronologi Penembakan KKB Papua pada Dua Warga Sipil Versi Polisi

Dua korban adalah tukang ojek yang baru mengantar penumpang

Jakarta, IDN Times - Penembakan terhadap dua warga sipil terjadi pada Senin, 14 September 2020 pukul 11.00 WIT di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Penembakan ini diduga dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap 2 warga sipil yang bekerja sebagai tukang ojek berinisial F (23) dan LOA (33).

"Pada hari dan tanggal tersebut di atas pukul 11.00 WIT, kedua korban mengantarkan penumpang dari Kampung Yokatapa menuju ke kampung Titigi, Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa dalam keterangannya, Selasa (15/9/2020).

1. Korban pertama ditembaki saat melintas dengan sepeda motornya

Kronologi Penembakan KKB Papua pada Dua Warga Sipil Versi PolisiIlustrasi Pistol (IDN Times/Mardya Shakti)

Setelah itu, pada pukul 11.15 WIT, korban berinisial LOA kembali dari kampung Titigi menuju ke Distrik Sugapa setelah mengantar penumpang. Namun, saat berada di Kampung Mamba, korban mulai ditembaki.

"Kemudian korban melihat pelaku menembak sebanyak tujuh kali, melihat kejadian tersebut korban langsung menyelamatkan diri," ujar Kamal.

Korban akhirnya bertemu dengan personel Ba Kodim Persiapan Intan Jaya an. Ade Ramadhan, kemudian diantarkan menggunakan sepeda motor menuju ke Puskesmas Bilogai, Kampung Yokatapa, Distrik Sugapa.

Baca Juga: Dua Warga Sipil Jadi Korban Penembakan KKB di Papua

2. Korban kedua ditembaki selang lima menit dari korban pertama

Kronologi Penembakan KKB Papua pada Dua Warga Sipil Versi PolisiIlustrasi pistol (IDN Times/Mardya Shakti)

Setelah itu, pukul 11.20 WIB, korban kedua yakni FR juga kembali dari Kampung Titigi. Sama seperti LOA, dia juga ditembaki dari arah ketinggian.

Pukul 11.45 WIT tim gabungan TNI-Polri akhirnya mengevakuasi korban FR yang saat itu masih berada di TKP dan selanjutnya dibawa ke Puskesmas Kampung Yokatapa, Distrik Sugapa guna mendapatkan perawatan.

"Pukul 12.51 WIT kedua korban diantar dari Puskesmas Bilogai Kampung Yokatapa, Distrik Sugapa menuju Bandara Bilorai Kampung Bilogai, Distrik Sugapa menggunakan kendaraan roda empat, guna melaksanakan evakuasi ke Kabupaten Mimika," kata Kamal.

3. Korban alami luka tembak dan luka sayatan

Kronologi Penembakan KKB Papua pada Dua Warga Sipil Versi PolisiKorban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dibawa menggunakan truk menuju pesawat saat evakuasi di Intan Jaya, Papua, Senin (14/9/2020) (ANTARA FOTO/Humas Polda Papua)

Setibanya di bandara Bilorai, Kampung Bilogai, Distrik Sugapa pada pukul 13.02 WIT, dua korban akhirnya dievakuasi menggunakan pesawat Rimbun Air PK-OTJ menuju ke Kabupaten Mimika.

Korban LOA mengalami luka tembak di bagian tangan kanan dan korban FR terkena luka sabetan senjata tajam di kening dan luka tembak di perut bagian bawah.

Baca Juga: Terlibat Perang Tradisional, 16 Orang di Papua Terkena Anak Panah

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya