Launching BTSxMcDonald's Picu Kerumunan, Wagub DKI: Bisa Disanksi

Pemprov DKI tak segan beri sanksi pada siapa saja

Jakarta, IDN Times - Restoran cepat saji McDonald's mendadak menjadi pembicaraan usai merilis paket makanan yang berkolaborasi dengan boyband asal Korea Selatan, BTS. Paket makanan ini banyak diserbu dan dipesan melalui aplikasi ojek daring sehingga menimbulkan kerumunan.

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan pihaknya bisa memberikan sanksi jika restoran yang tengah mempromosikan BTS Meal tersebut melanggar protokol kesehatan.

"Tentu kami tidak segan-segan untuk memberikan sanksi kepada siapa saja, termasuk kepada restoran," kata dia di DPRD DKI Jakarta, Rabu (9/6/2021).

1. Minta perusahaan antisipasi kerumunan

Launching BTSxMcDonald's Picu Kerumunan, Wagub DKI: Bisa Disanksi(Polisi membagikan beras kepada pengemudi ojek daring saat kegiatan imbauan penggunaan masker di Jalan Dr Ir H Soekarno, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (9/4/2020). Kegiatan itu untuk mencegah penyebaran Virus Corona (COVID-19) dan meringankan beban ekonomi para pengemudi ojek daring) ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Riza meminta agar semua restoran dan badan usaha lainnya yang tengah melakukan segala bentuk promosi, launching atau kegiatan apa pun yang berpotensi menyebabkan kerumunan harus bisa mengantisipasinya.

"Program yang dilaskanakan berapa yang mungkin hadir bagaimana antisipasinya agar tidak terjadi kerumunan interaksi yang dapat menimbulakan penularan COVID-19," ujarnya

Baca Juga: Heboh BTS Meal, McD Ciplaz Depok Ditutup karena Bikin Kerumunan

2. Ojol antre penuhi pesanan BTS Meal

Launching BTSxMcDonald's Picu Kerumunan, Wagub DKI: Bisa DisanksiBTS Meal dalam Media Gathering McDonald's X BTS (Dok. McDonald's Indonesia)

Jika antisipasi kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan tidak diperhatikan, Riza menegaskan pihaknya tidak segan untuk memberi sanksi.

Kerumunan di restoran cepat saji McDonald's terihat di media sosial. Para pengemudi ojek online terihat mengantre pesanan BTS Meal yang dirilis pada hari ini, Rabu (9/6/2021).

3. Harusnya dalam sehari hanya ada 100-150 paket BTS Meal

Launching BTSxMcDonald's Picu Kerumunan, Wagub DKI: Bisa DisanksiMenu BTS Meal (Twitter.com/@muhammad_fadlys)

Untuk diketahui, kolaborasi antara BTS dan McDonald's sudah terdengar sejak lama dan diluncurkan terlebih dahulu di Amerika Serikat sejak akhir Mei lalu.

Menu spesial kolaborasi McDonald's dan BTS tersedia di Indonesia mulai hari ini. Pembelian baru bisa dilakukan pada pukul 11.00 WIB, tidak termasuk dalam kategori menu breakfast.

Dalam sehari, perkiraan McDonald's akan menyediakan 100-150 paket BTS Meal di setiap gerai, tapi tetap disesuaikan dengan kapasitas restoran.

Baca Juga: Heboh BTS Meal, Polisi dan Camat Bubarkan Kerumunan di McDonald Medan 

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya