Luhut Pandjaitan Minta LSM Diaudit, Cek Aliran Dana

Luhut hadir sebagai saksi sidang kasus pencemaran nama baik

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, meminta agar lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang ada di Indonesia diaudit.

Menurutnya, audit LSM perlu dilakukan untuk melihat aliran dana yang masuk dan digunakan bagi kepentingan lembaga-lembaga itu.

"Ya, saya akan minta LSM-LSM itu diaudit ke depan, apalagi ke depan banyak LSM yang menggunakan dana-dana untuk yang tidak jelas. Saya pikir, saya akan usulkan dilakukan upaya itu," kata dia di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (8/6/2023).

Hal ini diutarakan Luhut usai dia hadir sebagai saksi a charge atau saksi yang memberatkan dalam kasus pencemaran nama baiknya dengan terdakwa Direktur Lokataru, Haris Azhar dan Koordinator KontraS, Fatia Maulidiyanti.

Sebab kasus yang tengah dihadapinya ini, Luhut mengaku didatangi Duta Besar (Dubes) suatu negara untuk menanyakan perkaranya. 

"Ada satu Dubes negara datang ke saya, ini kenapa sampai begini, ya, saya jelaskan semua tuduhan itu tidak benar dan saya bilang ke dia tidak ada kebebasan absolut, baru dia minta maaf juga," ujar Luhut

Dalam persidangan sebagai saksi, Luhut membantah soal keterlibatannya dalam izin kepemilikan tambang di Bumi Cendrawasih, Papua. Dia mengaku tidak punya waktu untuk bermain-main dengan bisnis pertambangan.

"Coba tegaskan kembali, coba ingat-ingat, apakah Saudara selama ini, sampai detik ini Saudara memang pernah ada bermain-main pertambangan di Papua?" kata Jaksa Penunutut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis.

Meresponsnya, Luhut mengatakan, dia sudah berjanji tidak berbisnis saat mengemban jabatan kenegaraan.

"Saya sama sekali tidak ada waktu untuk main-main itu, saya memfokuskan diri saya pada tugas pokok saja. Saya gak ada waktu untuk itu dan janji saya pada diri saya, memang saya gak mau berbisnis selama saya menjadi pejabat negara. Itu saya janji sampai hari ini dan saya ingin selesaikan tugas saya sampai 2024 seperti itu," kata Luhut.

Baca Juga: Massa Pendukung Haris-Fatia Penuhi Gerbang PN Jaktim Saat Luhut Keluar

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya