Lukas Enembe Sudah Fit Akan Diperiksa di Gedung KPK

Lukas dirawat semalam di RSPAD

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan bahwa Gubernur Papua Lukas Enembe sudah menyelesaikan proses pembantaran penahanan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soeborto, Jakarta Pusat.

"Betul, hari ini (12/1/2023), informasi yang kami peroleh tersangka LE sudah selesai menjalani pembantaran penahanannya. Dari pemeriksaan tim medis, saat ini yang bersangkutan telah dinyatakan fit to stand trial, sehingga dapat dilakukan pemeriksaan dalam rangka kelengkapan berkas perkaranya," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, Kamis (12/1/2023).

Ali mengatakan, Lukas akan menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

Seperti diketahui, tersangka dugaan tindak pidana korupsi dan penerimaan gratifikasi Gubernur Papua Lukas Enembe akan ditahan selama 20 hari ke depan, untuk kebutuhan penyidikan dari 11 hingga 30 Januari 2023.

Dia akan ditahan di Rumah Tahanan KPK di Pomdam Jaya, Jalan Guntur usai ditangkap pada Selasa (10/1/2023) di Jayapura, Papua.

Lukas Enembe ditangkap di salah satu rumah makan di Kota Jayapura Papua. Dari pengamatan dan penilaian KPK, Lukas Enembe disebut tidak kooperatif.

Lukas Enembe langsung di bawa ke Mako Brimob Polda Papua untuk pemeriksaan awal. KPK selanjutnya membawa Lukas Enembe ke Jakarta.

Tak langsung ke KPK, Lukas dibawa ke RSPAD Gatot Soebroto untuk pemeriksaan medis.

Lukas Enembe disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 dan Pasal 12B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Dia sudah ditetapkan menjadi tersangka di KPK sejak 5 September 2022 dalam dugaan kasus penerimaan suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Papua senilai Rp1 miliar.

KPK juga menetapkan Direktur PT Tabi Bangun Papua (TBP) Rijatono Lakka sebagai tersangka. Lukas Enembe adalah Gubernur Papua periode 2013-2018 dan 2018-2023.

Baca Juga: Soal Perawatan Lukas Enembe di RS, Begini Kata Kepala RSPAD 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya