Mahasiswa Lempar Tikus ke Komplek DPR dalam Demo Tolak UU Cipta Kerja

Tikus simbol koruptor..

Jakarta, IDN Times - Mahasiswa melakukan aksi pelemparan tikus putih ke dalam halaman depan gedung DPR RI dalam demo penolakan Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker), Kamis (6/4/2023). Aksi ini menyuarakan penolakan terhadap pengesahan Peraturan Pengganti Undang-Undang Cipta Kerja (Perppu Ciptaker) menjadi UU Ciptaker di DPR pada 21 Maret 2023.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ), Rifqi Adyatma, menjelaskan aksi ini melanjutkan apa yang sudah dilakukan mahasiswa Universitas Indonesia. Kala itu, BEM UI lewat media sosialnya mengunggah kritik sekaligus memuat meme Ketua DPR Puan Maharani dengan berbadan tikus.

"Ditambah bahwasannya per hari ini juga ada kasus dimana Pak Mafud MD mengungkapkan ada korupsi di dalam (DPR) Rp300 triliun, maka dari itu mungkin layaknya tikus ini masuk ke dalam juga bersama tikus-tikus yang ada di dalam sana," kata dia saat ditemui di depan gedung DPR, Kamis.

"Sebagai simbolis koruptor itu aja paling," kata Rifqi.

Dia mengatakan, masyarakat tidak bisa diam saja menghadapi DPR dan segala bentuk pengambilan keputusan yang mereka lakukan.

"Tidak bisa lagi mereka yang di dalam sana itu membuat suatu Undang-Undang yang mengatur hidup kita, mengatur nasib keluarga kita, tanpa sedikit pun partisipasi dari kita," katanya.

Baca Juga: Mahasiswa Demo di Gedung DPR, Jalan Gatot Soebroto Ditutup

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya