Mahfud MD: Anggaran Pembangunan BTS Kominfo Cukup Rp 3-4 Triliun 

Jumlah ini cuma sepertiga dari total biaya yang sudah cair

Jakarta, IDN Times - Plt Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Mahfud MD mengungkapkan proyek pembangunan Base Transceiver Station (BTS) 4G Bakti Kemkominfo bisa dilakukan dengan sepertiga anggaran yang ada.

Permasalahan kasus BTS 4G muncul ketika dari total anggaran sebesar Rp28 triliun, sebanyak Rp10 triliun sudah dicairkan untuk tahun anggaran 2020-2021.

Dia mengatakan proyek ini bisa dikerjakan hanya dengan sepertiga biaya yang keluar.

"Saya katakan dari kasus uang yang sudah keluar itu sebenarnya kelayakan barang yang sudah dibuktikan itu menurut perhitungan yang rasional itu hanya sepertiga harganya, catatan BPKP begitu, para ahli yang saya tanya juga begitu, biar nanti diteliti," kata dia dalam Konferensi Pers melalui YouTube Kominfo Selasa (23/52023).

1. Bisa bangun 4.200 tower

Mahfud MD: Anggaran Pembangunan BTS Kominfo Cukup Rp 3-4 Triliun IDN Times/Daruwaskita

Uang Rp10 triliun yang keluar dan telah dicairkan, kata dia, bisa membangun 4.200 tower dengan biaya tidak sampai Rp4 triliun. Namun, dengan uang yang ada menara BTS 4G Kominfo tidak kunjung jadi.

"Jadi dari yang 10 itu yang sekarang keluar itu sebenarnya 4.200 Tower yang akan dibangun itu cukup dengan ya kira-kira Rp3 sampai Rp4 triliun gitu. Tapi itu dianggarkan Rp10 T lebih, lalu dikeluarkan uangnya lalu ndak jadi barang juga nah itu," katanya.

Baca Juga: Aliran Korupsi BTS Diduga Masuk 3 Parpol, Mahfud: Hukum yang Tentukan

2. Proyek ini tidak boleh putus

Mahfud MD: Anggaran Pembangunan BTS Kominfo Cukup Rp 3-4 Triliun Suasana Gedung Kominfo Usai Johnny Ditetapkan Tersangka BTS Kominfo pada Rabu (17/5/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Usai ditunjuk menjadi Plt Kominfo, Mahfud mengaku bahwa proyek ini tidak boleh putus karena akan membuang energi yang sudah dikeluarkan dalam proses pembangunannya

Bukan hanya proyek BTS 4G Bakti Kominfo, namun proyek lainnya juga akan dikerjakan karena terbilang banyak sekali.

"Sehingga yang lain-lain itu jalan dan mungkin nanti bisa diatur kembali agar proyek yang sudah ada dan bermasalah ini tetap berlangsung," katanya.

3. Hanya ada 985 tiang dari 4.800

Mahfud MD: Anggaran Pembangunan BTS Kominfo Cukup Rp 3-4 Triliun Menkominfo, Johnny G. Plate (kominfo.go.id)

Sebelumnya, Mahfud MD mengatakan semula dari proyek itu, Kominfo hendak membangun 4.800 tiang, namun berdasarkan pelacakan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) hanya ada 985 tiang. Tiang yang ada pun, kata Mahfud, tak dipergunakan.

"Itu pun yang dijadikan sampel hanya barang-barang mentah, mati. Tidak ada sinyal yang bisa dioperasikan. Mangkrak dan belum ada barangnya. Kalau pun ada barangnya ya mangkrak," ungkap Mahfud di kawasan Bidakara, Jakarta Selatan pada Kamis malam, (18/5/2023).

Pernyataan ini disampaikan Mahfud dalam kapabilitasnya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan.

"Sebenarnya, kan dimulai sejak 2020 tuh sudah ada pengeluaran dana dari Rp 28 triliun yang dianggarkan sampai 2024. Sudah keluar sekitar Rp10 triliun untuk proyek 2021, dimulai 2021. Tapi sampai akhir 2021 itu, barangnya gak ada," katanya.

Baca Juga: Sejumlah Tower BTS Program Kemenkominfo di Mimika Tidak Berfungsi Lagi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya