Mahfud MD Punya Banyak Jabatan, Ini Beberapa di Antaranya  

"Pak Luhut banyak sekali jabatannya? Saya juga banyak."

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengatakan dirinya memiliki jabatan yang sama banyak dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

"Orang bilang Pak Luhut banyak sekali jabatannya? Saya juga banyak," ujarnya dalam rapat Koordinasi Pengendalian Pengelolaan Perbatasan Negara Tahun 2023 Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) di Hotel Discovery Ancol, Jakarta Utara, Kamis (25/5/2023).

Salah satu jabatan Mahfud adalah Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

1. Kaget jadi Ketua Pengarah BNPP

Mahfud MD Punya Banyak Jabatan, Ini Beberapa di Antaranya  Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tito Karnavian dalam Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pengelolaan Perbatasan Negara Tahun 2023 di Jakarta Utara, Kamis (25/5/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Mahfud mengatakan dirinya kaget ternyata jabatan yang diembannya terbilang banyak.

"Saya ini selaku Ketua Dewan Pengarah BNPP. Saya pernah agak kaget juga itu jabatan saya banyak sekali," kata dia.

Mamhfud mengatakan tidak tahu dirinya didapuk menjadi Ketua Pengarah di BNPP.

"Loh, Bapak ketuanya. Kok belum tahu?" tanya Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, yang sekaligus Kepala BNPP.

"Ya, memang belum tahu," kata Mahfud.

Baca Juga: Mahfud MD Persilakan BPKP Dampingi Semua Proyek Kemenkominfo

2. Jabarkan posisi yang diamanatkan padanya, terbaru jadi Plt. Kemkominfo

Mahfud MD Punya Banyak Jabatan, Ini Beberapa di Antaranya  Menteri Koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, Mahfud MD (www.instagram.com/@mahfudmd)

Dia menjabarkan beberapa jabatan lain yang diamanatkan padanya, mulai dari Ketua Komite Koordinasi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (Komite TPPU), Ketua Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Pengarah Badan Keamanan Laut (Bakamla), Ketua Kompolnas hingga Ketua Pengarah Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

"Itu yang struktural," ucap Mahfud.

Dia juga punya punya jabatan ad hoc, mulai dari Ketua Tim Pemantau Pelaksanaan Penyelesaian, Ketua Pilar Masyarakat Politik dan Keamanan ASEAN. Bahkan baru-baru ini, Presiden Joko "Jokowi" Widodo juga menunjuk Menkopolhuman Mahfud MD sebagai Plt Menteri Komunikasi.

3. Tugas menteri banyak tapi gaji lebih besar di BUMN

Mahfud MD Punya Banyak Jabatan, Ini Beberapa di Antaranya  Menteri BUMN, Erick Thohir (kanan) ketika meluncurkan nilai inti atau core value AHLAK dan logo baru Kementerian BUMN (ANTARA FOTO/Dokumentasi Kementerian BUMN)

Dia juga membahas bagaimana seorang menteri memiliki gaji yang tidak sebesar orang yang bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Belum lagi tugas yang diamanatkan pada seorang menteri sangatlah banyak.

"Jadi saudara, tugas menteri itu sangat banyak, meskipun gajinya lebih besar BUMN,"

Baca Juga: Mahfud MD: Tugas Menteri Banyak, tapi Gaji Lebih Besar BUMN

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya