Malam Tahun Baru, Ini Pengamanan yang Dilakukan Polri

Polisi sudah memetakan kerawanan di malam tahun baru

Jakarta, IDN Times - Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono mengungkapkan sejumlah persiapan aparat kepolisian dalam mengamankan agenda Tahun Baru 2021. Dia mengatakan bahwa pengamanan ini masih tercakup dalam operasi kepolisian dengan sandi Operasi Lilin 2020.

"Penegakan hukum Operasi Lilin ini dilaksanakan di seluruh Polda, 34 Polda mempersiapkan pengamanan tahun baru ini disesuaikan dengan karakteristik wilayah dan juga kerawanan-kerawanan yang akan mungkin muncul pada pelaksanaan pergantian tahun tersebut," kata dia di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

1. Ada 83 ribu personel Polri yang diturunkan

Malam Tahun Baru, Ini Pengamanan yang Dilakukan PolriANTARA FOTO/Arnas Padda

Rusdi mengatakan bahwa dalam agenda ini, Polri melibatkan 83.917 untuk personel Polri dengan dibantu 6.783 personel TNI, 6.252 orang anggota Satpol PP, 5.450 personel Dinas Perhubungan, 3.149 Dinas Kesehatan 2.210 personel Dinas Pemadam Kebakaran dan 2003 orang mitra Polri.

Rusdi juga menjelaskan bahwa polisi akan mengamankan sejumlah tempat. Mulai dari 45.489 gereja dan 1.833 lokasi yang biasanya dijadikan tempat berkumpul di malam pergantian tahun dan 3.483 tempat wisata.

"Karena memang pada tahun ini dilarang melaksanakan kegiatan perayaan malam tahun baru, sehingga tempat-tempat yang biasanya digunakan untuk kegiatan pesta tahun baru dari awal telah diamankan oleh petugas, sehingga tidak ada kegiatan- kegiatan pelaksanaan malam tahun baru," ujarnya.

Baca Juga: Polisi Sekat 11 Titik Perbatasan Jakarta di Malam Tahun Baru

2. Pemetaan yang dilakukan polisi mulai dari daerah rawan sampai bencana alam

Malam Tahun Baru, Ini Pengamanan yang Dilakukan PolriKaro Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono (Dok. Humas Polri)

Dia juga mengatakan bahwa polisi sudah memetakan kerawanan di bidang kriminalitas yang mungkin akan muncul pada malam tahun baru.

"Munculnya kejahatan konvensional seperti pencurian dengan kekerasan pencurian dengan pemberatan pencurian kendaraan bermotor dan juga ada penganiayaan kita telah me-mapping kejahatan kejahatan konvensional yang memungkinkan akan muncul pada pergantian tahun ini, selain itu kita juga me-mapping masalah minuman keras penyalahgunaan narkotika dan juga sampai dengan aksi terorisme," ujarnya.

Rusdi juga menjelaskan bahwa polisi sudah memetakan kondisi lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan hingga kecelakaan di Jalan tol maupun non tol. Serta kerawanan bencana alam yang dipengaruhi kondisi musim hujan seperti tanah longsor atau banjir.

3. Pantauan polisi kondisi masih aman

Malam Tahun Baru, Ini Pengamanan yang Dilakukan PolriANTARA FOTO/Reno Esnir

Dia mengatakan bahwa hingga saat ini kondisi lapangan masih normal dan sudah diberikan pengamanan oleh polisi. "Anggota Polri di sana sudah siap mengamankan," kata dia.

Dia mengatakan jika nantinya ditemukan pelanggaran, baik keamanan dan protokol kesehatan, polisi tidak akan segan memberikan sanksi sesuai hukum yang berlaku

Baca Juga: Polri: 199 Anggota FPI Jadi Tersangka, 35 Terlibat Terorisme

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya