Masalah Banjir Kemayoran, Anies Akan Cari Solusi Permanen

Kemayoran bukan hanya tanggung jawab pemerintah pusat

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjawab pernyataan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono yang mengatakan, Anies bertanggung jawab atas banjir yang terjadi di Jakarta dalam beberapa hari terakhir.

Anies mengatakan, seluruh wilayah Jakarta merupakan tanggung jawabnya. "Saya bertanggung jawab atas seluruh kawasan Jakarta, maka saya tuntaskan tanggung jawab itu dan malam hari ini selesai," kata Anies saat menggunjungi underpass Kemayoran, Jakarta pada, Minggu (26/1) malam.

Baca Juga: Banjir Underpass Kemayoran, Anies: Pemprov DKI Bantu Pemerintah Pusat

1. Anies akan cari solusi permanen dengan PPK Kemayoran untuk cegah banjir

Masalah Banjir Kemayoran, Anies Akan Cari Solusi PermanenBanjir di Underpass Kemayoran (IDN Times/Muhammad Imam Birawa)

Anies mengatakan, Pemprov DKI Jakarta telah mengerahkan sumber daya yang ada untuk memastikan kawasan Kemayoran terbebas dari banjir.

Terkait solusi penanganan banjir ini, Anies akan mencari solusi permanen dan berkomunikasi denga Pusat Pengelolaan Kompleks (PPK) Kemayoran.

"Nanti dibicarakan. Seperti yang dikatakan tadi, ada PPK, kemudian dari Pemprov DKI akan bicara, mengatur, seperti apa," kata dia.

2. Penyebab banjir Kemayoran menurut Anies

Masalah Banjir Kemayoran, Anies Akan Cari Solusi PermanenBanjir di Underpass Kemayoran (IDN Times/Muhammad Imam Birawa)

Pada Minggu (26/1) sekitar pukul 22.50 WIB, kata Anies, akses pengeringan Underpass Kemayoran sudah hampir tuntas dan jalan sedang dalam proses pembersihan.

Dia berharap agar kasus ini tidak terulang lagi, karena menurut dia, banjir di Kemayoran bukan hanya karena air hujan, tetapi karena banyak yang membuang hasil pemompaan air yang dialirkan ke jalan dan berakhir di Kemayoran.

3. Istana tanggapi masalah wewenang Pemprov DKI terkait Kemayoran

Masalah Banjir Kemayoran, Anies Akan Cari Solusi Permanen(IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Sebelumnya menurut Heru, seluruh wilayah DKI Jakarta adalah tanggung jawab Pemprov DKI. Dia mengingatkan, jangan karena area tersebut adalah kewenangan Sekretariat Negara, Pemprov DKI jadi hanya sekadar membantu.

"Memang sepatutnya menjadi tanggung jawab Pemprov DKI bukan hanya sekedar membantu," ujar Heru.

Baca Juga: KemenPUPR Ikut Kerahkan Pompa Sedot Banjir di Terowongan Kemayoran

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya