Menanti Duet Anies Baswedan dan Riza Patria Memimpin DKI Jakarta

Kira-kira seperti apa ya duet Anies-Riza? Bakal kompak gak?

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mendapatkan pendamping untuk memimpin ibu kota di sisa masa baktinya hingga 2022 mendatang. Politikus Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria berhasil meyakinkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta dan terpilih menjadi pengganti Sandiaga Uno.

Kini Anies tinggal menunggu waktu pelantikan bagi Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Pemilihan perhitungan suara sudah selesai dan terpilih Bapak Ahmad Riza Patria, saya mengucapkan selamat dan InsyaAllah kita bisa kerja sama dengan baik, saya berharap proses berikutnya (pelantikan) bisa tuntas supaya terus mulai bekerja," kata Anies kepada awak media, Senin (6/4).

1. Anies belum tahu kapan pelantikan wagub dilaksanakan

Menanti Duet Anies Baswedan dan Riza Patria Memimpin DKI JakartaRiza Patria bersama Anies Baswedan dalam Paripurna Pemilihan Wagub DKI Jakarta(6/4) (Dok. Humas DPRD DKI Jakarta)

Anies sendiri mengaku tidak mengetahui kapan tepatnya pelantikan Wagub DKI dilaksanakan. Tetapi, berdasar kepada PP Nomor 12 Tahun 2018, proses selanjutnya adalah melakukan pengusulan kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri.

"Pokoknya yang penting secara prosedur ditaati dengan benar, karena itu pegangannya," kata Anies.

Baca Juga: Profil Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta Pengganti Sandiaga Uno

2. Menang 81 suara, Riza Patria terpilih jadi Wagub DKI Jakarta

Menanti Duet Anies Baswedan dan Riza Patria Memimpin DKI JakartaRiza Patria dalam Paripurna Pemilihan Wagub DKI Jakarta(6/4) (Dok. Humas DPRD DKI Jakarta)

Anies Baswedan akhirnya mendapat wakil gubernur setelah dua tahun ditinggalkan Sandiaga Uno yang melenggang ke kursi pemilihan presiden.

Ahmad Riza Patria berhasil terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, dia dipilih oleh 100 anggota DPRD DKI Jakarta yang memiliki hak suara.

"81 suara untuk Ahmad Riza Patria, 17 untuk Nurmansjah Lubis, suara tidak sah 2," kata Ketua Panitia Pemilihan Farazandi Fidinansyah.

3. Ucapan terima kasih Riza pada Prabowo Subianto

Menanti Duet Anies Baswedan dan Riza Patria Memimpin DKI JakartaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Setelah terpilih Riza mengatakan bahwa sebagai wakil gubernur dia akan mewujudkan visi misi program yang telah dijanjikan oleh Gubernur Anies Baswedan dan wakil gubernur sebelumnya, yakni Sandiaga Uno.

"Iya tentu tugas wakil gubernur membantu gubernur. Tentu sesuai ketentuan, kan ada peran dan tugasnya," kata Riza.

Dia juga turut berterima kasih pada sejumlah pejabat Gerindra dan DPR, tak terkecuali ketua umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Terima kasih atas dukungan bantuan dukungan dari pimpinan Gerindra, Pak Prabowo dan semua pimpinan partai dan teman-teman," ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Riza Patria Terpilih Jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya