Menkominfo Bertemu 12 Negara G20 Bahas Kerja Sama Digital

Total ada 12 negara dan dua lembaga

Bali, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate menggelar pertemuan dengan 12 negara dan dua lembaga dalam 4th Digital Economy Working Group (DEWG) G20 di Nusa Dua, Bali, pada Rabu (31/8/2022). Pertemuan dan diskusi ini dilakukan secara estafet dari satu negara ke lainnya dan akan berlanjut dengan agenda Digital Economy Minister's Meeting (DEMM) pada Kamis (1/9/2022).

Sebanyak 12 negara yang mengikuti pertemuan bilateral dengan Menkominfo di antaranya adalah Argentina, Afrika Selatan, Jerman, Kanada, Singapura, Kamboja, India, Jepang, Inggris, Belanda, Spanyol, dan Australia. Serta dua lembaga yang ikut dalam pertemuan bilateral dengan RI yakni United Nation Economic and Social Commision for Asia and the Pasific (ESCAP) dan International Telecommunication Union (ITU). 

"Kami harap, rapat bisa berjalan lancar, sehingga menyelesaikan DEMM dan bahan-bahannya menjadi acuan bagi KTT (Konferensi Tingkat Tinggi ke-17 G20) pertengahan November 2022 nanti," ujarnya, Rabu (31/8/2022).

1. Pemikiran suportif Singapura di DEWG

Menkominfo Bertemu 12 Negara G20 Bahas Kerja Sama DigitalMenteri Komunikasi dan Informatika Singapura Josephine Teo dan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate dalam agenda 4th Digital Economy Working Group (DEWG) Meeting, di Bali, Rabu (31/8/2022) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Hingga Rabu malam, Menteri Johnny menerima sejumlah menteri dan petinggi negara dalam 4th DEWG meeting.

Usai bertemu Menteri Komunikasi dan Informatika Singapura Josephine Teo beserta tim, Johnny menyampaikan terima kasih dengan pemikiran suportif yang dikeluarkan saat pertemuan berlangsung.

Baca Juga: Soal Dokumen Bali Package Hasil DEWG G20, Kanada: Masih Negosiasi 

2. Bertemu dengan India, bukan hanya bahas kerja sama

Menkominfo Bertemu 12 Negara G20 Bahas Kerja Sama DigitalSuasana sidang kedua DEWG G20 di Yogyakarta (17/05/2022) Dok. Biro Humas Kominfo

Ketika bertemu Menteri Elektronik dan Teknologi Informasi India, Ashiwini Kumar Vaishnaw, Johnny membahas masalah peningkatan kerja sama sektor digital. Bagi Johnny, baik Indonesia dan India memiliki potensi kerja sama digital. Sebab, tantangan yang dihadapi Indonesia dan India terbilang sama.

"Baru saja selesai rapat bilateral antara Indonesia dengan India, bukan hanya membahas kerja sama, tapi substansi pembahasan di Kelompok Kerja Ekonomi Digital (DEWG) juga dibahas," ujarnya.

3. ESCAP bantu bidang keterampilan dan literasi digital

Menkominfo Bertemu 12 Negara G20 Bahas Kerja Sama DigitalWakil Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Sekretaris Eksekutif (ESCAP) Armida Salsiah Alisjahbana dan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate dalam agenda 4th Digital Economy Working Group (DEWG) Meeting, di Bali, Rabu (31/8/2022) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Wakil Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Sekretaris Eksekutif (ESCAP), Armida Salsiah Alisjahbana, mengungkapkan pihaknya siap berpangku tangan membantu Presidensi G20 di bidang keterampilan dan literasi digital.

"Karena, itu sesuatu yang sangat penting dengan agenda besar transformasi digital. Maka dari sisi pengguna, SDM harus disiapkan. Terkait dengan keterampilan dan literasi, kami membantu untuk hal itu," ujar Armida.

Baca Juga: DEWG G20: Afrika Selatan Mau Adopsi Sistem Kartu Prakerja Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya