Menkominfo Dukung Netflix di Indonesia Asal Libatkan Sineas Tanah Air

Hak cipta juga harus berasal dari sineas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan mendukung keberadaan layanan streaming film online, Netflix, di Indonesia. Namun, dia berharap Netflix juga bisa turut melibatkan sineas-sineas berprestasi tanah air.

Dia meminta agar media dan masyarakat jangan salah mengartikan bahwa Kemkominfo tidak mendukung keberadaan Netflix di Indonesia.

"Tetapi jangan dipelintir seolah Menkominfo melarang Netflix original beroperasi," kata dia saat berada di acara Kominfo Connect di Ecovention, Ancol, Jakarta Utara, Kamis (30/1).

1. Menkominfo tak masalah dengan original Netflix asal mau libatkan sineas Indonesia

Menkominfo Dukung Netflix di Indonesia Asal Libatkan Sineas Tanah AirMenkominfo Johnny G. Plate. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Johnny tidak masalah dengan adanya original Netflix yang tayang di Indonesia. Justru, dia mengajak agar Netflix mau bekerja sama dengan sineas-sineas di Indonesia agar dapat menghasilkan original Netflix di Indonesia.

"Sejauh itu bisa dilakukan dengan hak ciptanya berada pada sineas Indonesia yang seimbang, karena nilai tambahnya baik bagi sineas-sineas Indonesia," ujarnya.

Johnny juga mengatakan bahwa Netflix dengan senang hati melakukan hal tersebut, yakni mengambil bagian dengan mengangkat film-film Indonesia.

2. Menkominfo memperhatikan perbedaan antara original dan lisence Netflix

Menkominfo Dukung Netflix di Indonesia Asal Libatkan Sineas Tanah AirMenteri Kominfo Johnny G Plate di acara Kominfo Connect (IDN Times/Lia Hutasoit)

Johnny mengatakan mendukung keberadaan Netflix yang bisa menghadirkan berbagai jenis film di Indonesia agar banyak pilihan yang bisa ditonton oleh penikmatnya di sini.

"Tetapi saya juga memperhatikan original Netflix dan lisence Netflix," kata dia.

Baca Juga: IMS 2020: Ternyata Ini Alasan Nadiem Makarim Gandeng Netflix

3. Perbedaan original Netflix dan lisence Netflix

Menkominfo Dukung Netflix di Indonesia Asal Libatkan Sineas Tanah AirMenteri Kominfo Johnny G Plate di acara Kominfo Connect (IDN Times/Lia Hutasoit)

Dalam kesempatan itu, dia juga menjelaskan perbedaan original dan lisence Netflix berada pada hak cipta dari film tersebut

Original netflix adalah film-film yang dihasilkan melalui hak cipta berada di Netflix sedangkan lisensi  Netflix adalah film-film yang ditampilkan oleh Netflix di sistemnya yang mendapat lisensi dari sineas-sineasnya.

Baca Juga: MUI Bantah Keluarkan Fatwa Haram untuk Netflix

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya