Comscore Tracker

Menteri Ketenagakerjaan Baru Cari Siasat Kurangi TKI ke Luar Negeri

Jika ada lapangan kerja, pekerja tak perlu ke luar negeri

Jakarta, IDN Times - Politikus asal PKB yakni Ida Fauziyah ditunjuk menjadi Menteri Ketenagakerjaan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Rabu (23/10). Sebagai menteri baru, Ida merasa bertanggung jawab menangani kondisi tenaga kerja Indonesia di luar negeri yang masih banyak membuahkan masalah.

"Saya kira tidak ada di antara kita yang memang pingin bekerja di luar negeri, kalau di dalam negeri tercipta lapangan kerja saya kira mereka akan memilih bekerja di dalam negeri," kata Ida Rabu (23/10).

Menurutnya yang perlu disoroti adalah perlindungan tenaga kerja, serta kondisi mereka pascabekerja. Ida mengatakan jika para pekerja memiliki tabungan yang cukup untuk mengembangkan usaha di dalam negeri, angka tenaga kerja ke luar negeri bisa berkurang. Sebab, ada lapangan kerja baru yang dibuka di dalam negeri.

Secara umum, Ida mengatakan akan melaksanakan program kerja sesuai visi misi presiden, bukan visi misi menteri. Hal tersebut serupa dengan imbauan Jokowi pada momentum pengenalan menteri barunya pada Rabu (23/10) pukul 08.30 WIB di Veranda, Istana Merdeka.

"Setelah ini saya akan melakukan setijab dengan pak Menteri yang lama Hanif Dhakiri, saya akan pelajari, ini ada waktu untuk tahun 2019 ini ada waktu sampai Desember, setelah ini kita akan untuk 2020 dan seterusnya," ujarnya.

Baca Juga: Ida Fauziah, Perempuan Jombang yang Ditunjuk Jokowi Jadi Menaker

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You