Menteri Nadiem Pesan Agar Hati-Hati Buat Aktivitas di Luar Sekolah

"Keamanan dan keselamatan siswa jadi prioritas"

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim ikut menanggapi hanyutnya siswa SMPN 1 Turi Yogyakarta. Siswa yang mengikuti aktivitas susur sungai akhirnya malah jatuh dan terbawa arus Sungai Sempor. Tim gabungan SAR sudah menemukan sembilan jenazah. Mereka masih mencari siswa lainnya yang masih hilang. 

Nadiem meminta agar sekolah-sekolah lain bisa lebih berhati-hati dan waspada saat ingin melakukan aktivitas di luar sekolah. Baginya kegiatan di luar sekolah harus dipertimbangan secara matang.

"Sekolah mesti benar-benar memastikan semua kegiatan di bawah pembinaan sekolah agar dapat mengutamakan keamanan dan keselamatan siswa. Itu yang terpenting," ungkap Nadiem melalui keterangan tertulis pada Sabtu (22/2). 

Lalu, apa langkah Kemendikbud usai terjadi insiden memilukan di Sleman itu?

1. Kemendikbud akan lakukan koordinasi dengan pemerintah daerah

Menteri Nadiem Pesan Agar Hati-Hati Buat Aktivitas di Luar Sekolah(IDN Times/Kevin Handoko)

Kini Kemendikbud telah melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah serta pihak-pihak terkait guna memastikan evakuasi dan penanganan para korban menjadi prioritas.

Selain memprioritaskan perawatan para siswa yang terluka dan yang mengalami trauma psikis, Nadiem meminta tim Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar, dan Menengah (Ditjen PAUD Dasmen) bersama tim dari Inspektorat Jenderal untuk segera melakukan investigasi di lapangan.

Baca Juga: Ini Kronologi Tragedi Hanyutnya 6 Siswa SMPN 1 Turi di Sungai Sempor

2. Pejabat eselon I Kemendikbud sudah berada di Sleman untuk memberikan pengarahan

Menteri Nadiem Pesan Agar Hati-Hati Buat Aktivitas di Luar SekolahDirektur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Praptono saat menyampaikan materi kepada ratusan guru di Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Menteri Nadiem juga langsung mengutus sekretaris jenderal dan inspektur jenderal untuk turun ke Sleman dan meninjau lokasi. Kemudian, dua pejabat eselon I itu juga diminta memberikan arahan penanganan secara langsung. 

"Kami bersama pemerintah setempat dan pihak berwajib terjun langsung ke lapangan untuk menelusuri apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi," kata dia.

3. Menteri Nadiem menyampaikan rasa belasungkawa

Menteri Nadiem Pesan Agar Hati-Hati Buat Aktivitas di Luar SekolahTim Psikologi lakukan pendampingan di SMPN 1 Turi. IDN Times/Siti Umaiyah

Dalam keterangan tertulisnya, Nadiem juga menyampaikan rasa belasungkawa atas terjadinya insiden ini. Bagi siswa yang mengalami luka-luka serta trauma atas peristiwa itu, Nadiem berharap agar mereka dapat segera diberi kesembuhan serta pemulihan.

"Saya menyampaikan belasungkawa dari lubuk hati yang paling dalam atas tragedi ini. Semoga orang tua serta keluarga siswa yang menjadi korban jiwa dapat diberi kekuatan menghadapi cobaan ini," katanya lagi. 

Baca Juga: Tim Psikolog Beri Pendampingan ke Keluarga Korban Susur Sungai Sempor

Topik:

Berita Terkini Lainnya