Mobil Tangki SPBU MT Haryono Terbakar, Sopir Berhasil Selamat

Pada 1 Desember 2019 juga pernah kebakaran

Jakarta, IDN Times - Mobil tangki di MT Haryono, Jakarta Selatan, terbakar pada Selasa (1/12/2020) pukul 11.35 WIB. Kebakaran tidak menyebabkan korban jiwa.

"Sudah berhasil ditangani dan situasi sudah berangsur kondusif. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," kata Unit Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina (Persero) Eko Kristiawan dalam keterangan terulis.

Baca Juga: Pertamina Resmikan Penerimaan Perdana SPBU dengan ATG Custody 

1. Pertamina berikan alternatif SPBU

Mobil Tangki SPBU MT Haryono Terbakar, Sopir Berhasil SelamatANTARA FOTO

Eko mengatakan insiden kebakaran ini sudah ditangani operator SPBU. Sembari menunggu hasil investigasi dan melihat alasan keselamatan, operasional dihentikan sementara.

"Pertamina memberikan alternatif SPBU terdekat, yaitu SPBU 34.12806 di Jalan Dr Soepomo dan SPBU 34.12902 Jalan Gatot Subroto," kata dia.

2. Dua unit mobil pemadam dikerahkan

Mobil Tangki SPBU MT Haryono Terbakar, Sopir Berhasil SelamatIlustrasi mobil pemadam kebakaran.IDN Times/Fariz Fardianto

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan juga membenarkan kejadian ini, dan telah mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian.

"Titik kenal Pom Bensin Jalan MT Haryono RT003 RW 003 Kelurahan Cikoko, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan," kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan Herbert saat dikonfirmasi.

3. SPBU sempat mati lampu dan ketika menyala ada percikan api di mobil tanggi

Mobil Tangki SPBU MT Haryono Terbakar, Sopir Berhasil SelamatANTARA FOTO/Reno Esnir

Sedangkan, Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budi Hartono mengatakan kebakaran diduga karena mobil tangki SPBU.

"Mobil tangki SPUB yang sedang mengisi jam 9 datang, tapi karena SPBU-nya mati lampu sehingga baru setelah nyala lampu jam setengah 12 ternyata di alat pengisian, di pompa alat pengisian terjadi percikan, sehingga terjadi kebakaran di alat pengisian pompa," kata dia.

Akhirnya alat pompa dan sebagian mobil tangki turut terbakar. Api juga langsung dipadamkan petugas SPBU dengan alat seadanya, barulah pemadam kebakaran datang. Sopir mobil juga langsung lompat dan berhasil selamat.

4. SPBU MT Haryono pernah terbakar tahun lalu

Mobil Tangki SPBU MT Haryono Terbakar, Sopir Berhasil SelamatDok.IDN Times/Istimewa

Pada tanggal yang sama pada 2019, SPBU ini juga pernah terbakar. Kejadian tersebut berlangsung pada pukul 23.00 WIB, Minggu, 1 Desember 2019.

Kebakaran diduga dipicu sambaran api dari mobil Toyota Altis yang sedang mengisi bahan bakar.

Baca Juga: Tepat Setahun, SPBU MT Haryono Kebakaran Lagi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya