Comscore Tracker

Musala di Tangerang Dicorat-coret, Rumah Pelaku Tenyata Dekat Lokasi 

Polisi sudah menangkap pelaku dan mendalami kasus ini

Jakarta, IDN Times - Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ari syam Indardi mengatakan, telah terjadi aksi corat-coret atau vandalisme di musala Darussalam, Perumahan Villa Tangerang Elok Kelurahan Kuta Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, pada Selasa, 29 Septemer 2020 pukul 15.30 WIB.

Berdasarkan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan keterangan sejumlah saksi, pelaku vandalisme akhirnya berhasil ditangkap polisi dalam waktu beberapa jam.

"Sekitar jam 19.30 WIB, polisi berhasil amankan satu orang pelaku berinisial S (18) di rumahnya, yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari musala, dan dari hasil interogasi oleh Polsek Pasar Kemis," kata Ade dalam keterangan tertulis, Rabu (30/9/2020).

Baca Juga: Viral Diduga Pelaku Pelecehan di KRL, PT KCI: Ternyata Pencopet

1. Polisi masih dalami motif pelaku melalukan aksi ini

Musala di Tangerang Dicorat-coret, Rumah Pelaku Tenyata Dekat Lokasi Ilustrasi tersangka (IDN Times/Bagus F)

Ade menyampaikan, pada pukul 16.00 WIB Polsek Pasar Kemis mendapatkan laporan dari warga dan langsung menuju ke TKP.

Setelah ditangkap, pelaku telah mengakui perbuatannya. Hingga saat ini S sedang menjalani pemeriksaan lanjutan. Polisi juga masih mendalami motif pelaku melalukan aksinya.

"Saat ini pelaku sudah dibawa ke Polresta Tangerang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," kata Ade.

2. Musala Darussalam langsung dibersihkan dan bisa digunakan lagi

Musala di Tangerang Dicorat-coret, Rumah Pelaku Tenyata Dekat Lokasi Polisi tangkap pelaku vandalisme rumah ibadah (Dok. Polresta Tangerang)

Bukan hanya melakukan aksi vandalisme, S juga menyobek kitab suci Al-Qur'an dan menggunting sajadah yang ada di Musala Darussalam.

Dari TKP, polisi juga menemukan botol pilok bekas. Setelah kejadian vandalisme tersebut, musala langsung dibersihkan, sehingga masyarakat bisa menggunakan kembali fasilitas musala untuk salat magrib.

3. Masyarakat diminta tidak terprovokasi dan melaporkan setiap masalah di wilayah masing-masing

Musala di Tangerang Dicorat-coret, Rumah Pelaku Tenyata Dekat Lokasi Dok.Humas Polda Banten

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengimbau Kepada masyarakat untuk tetap tenang, sabar, dan mempercayakan penanganan kasus ini pada polisi dan tidak terprovokasi.

"Tetap waspada dan peka terhadap situasi di wilayahnya, serta selalu berkoordinasi dengan Kepolisian setempat atau pun Bhabinkamtibmas yang melekat di desa/kelurahan bila ada gangguan Kamtibmas, percayakan kepada polisi untuk menangani kasus ini," kata dia.

Baca Juga: Syekh Ali Jaber Ditusuk, UU Perlindungan Tokoh Agama Belum Jelas?

Topic:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya