Comscore Tracker

Museum Internasional Sejarah Nabi dan Islam Akan Dibangun di Jakarta

Jakarta terpilih jadi tempat dibangunnya museum ini

Jakarta, IDN Times - Sebentar lagi Indonesia Akan ku memiliki Museum Internasional Sejarah Nabi dan Peradaban Islam. Museum ini rencananya dibangun di Pantai Timur Ancol, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Peletakan batu pertama (groundbreaking) museum tersebut dilaksanakan pada Rabu (26/2). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang meresmikan groundbreaking itu, mengatakan dia merasa bersyukur Jakarta menjadi tuan rumah pembangunan Museum ini.

"Bagi kami, ini adalah keberkahan," kata Anies saat memberi kata sambutan.

Pemilihan lokasi pembangunan museum ini dipilih karena dekat dengan akses transportasi bandara dan pelabuhan, sehingga diharapkan dapat memudahkan pengunjung baik domestik maupun mancanegara untuk bertandang.

1. Kerja sama antara Dewan Besar Masjid Indonesia dan Liga Muslim Dunia

Museum Internasional Sejarah Nabi dan Islam Akan Dibangun di JakartaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Groundbreaking Museum Internasional Sejarah Nabi dan Peradaban Islam, Ancol (IDN Times/Lia Hutasoit)

Museum ini adalah kerja sama Dewan Besar Masjid Indonesia dengan Liga Muslim Dunia yang sudah ditandatangani pada 23 September 2019.

Ketua Panitia Pembangunan Museum Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Syafruddin Kambo menjelaskan pembangunan Museum ini juga bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta. Kerja sama itu ditandatangani Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 31 Januari 2020.

"Kami mohon dukungan, kami mohon doa restu dari semuanya," kata Syafruddin. 

Baca Juga: Mau Tahu Mobil Pertama di Dunia? Ada di Museum Nasional Lho

2. Museum akan didukung teknologi tinggi

Museum Internasional Sejarah Nabi dan Islam Akan Dibangun di JakartaDok. IDN Times

Nantinya, museum ini akan dilengkapi dengan teknologi modern 3D, hologram dan berbagai macam teknologi lainnya yang berisi konten materi mengenai sejarah Nabi Muhammad SAW. Selain itu, akan ada miniatur Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di museum yang direncanakan akan selesai dalam waktu 18 bulan tersebut.

3. Sejumlah pejabat negara terlihat hadir

Museum Internasional Sejarah Nabi dan Islam Akan Dibangun di JakartaGroundbreaking Museum Internasional Sejarah Nabi dan Peradaban Islam, Ancol (IDN Times/Lia Hutasoit)

Menurut pantauan IDN Times, sejumlah petinggi negara hadir dalam peletakan batu pertama museum ini, salah satunya adalah Wakil Presiden ke-11 dan 13 Jusuf Kalla.

Selain itu a,da sejumlah menteri seperti Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri BUMN Erick Thohir, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil. Ada pula para duta besar dari beberapa negara sabahat, Ketua MUI, dan organisasi Islam lainnya. 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Museum Rasulullah Segera Dibangun di Depok, Jadi Museum ke-3 di Dunia

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya