Nadiem Sebut Hardiknas Momen Bercemin, Apa Saja Program Pendidikan?

Saat untuk mereflesikan pekerjaan dan evaluasi

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021 digunakan sebagai momen untuk merefleksikan kembali apa saja yang sudah dikerjakan dan apa saja yang perlu diperbaiki dalam sistem pendidikan di Indonesia di Kementerian yang dipimpinnya.

“Lembaran baru pendidikan Indonesia berarti transformasi. Transformasi yang tetap bersandar pada sejarah bangsa, dan juga keberanian menciptakan sejarah baru yang gemilang,” kata Nadiem pada upacara peringatan Hardiknas 2021 “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar” di Jakarta, Minggu (2/5/2021).

Baca Juga: Hardiknas, Jokowi: Semoga Masa Sulit Segera Usai dan Bisa Tatap Muka

1. Empat upaya perbaikan dunia pendidikan

Nadiem Sebut Hardiknas Momen Bercemin, Apa Saja Program Pendidikan?Ilustrasi Sekolah. IDN Times/Galih Persiana

Nadiem menuturkan bahwa setidaknya ada empat upaya perbaikan terus dikerjakan bersama dengan berbagai elemen masyarakat.

Pertama, perbaikan pada infrastruktur dan teknologi. Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan. Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya, serta Keempat, yaitu perbaikan kurikulum, pedagogi, dan asesmen.

2. Akan banya hal lain yang dilakukan Nadiem du Merdeka Belajar

Nadiem Sebut Hardiknas Momen Bercemin, Apa Saja Program Pendidikan?Mendikbud Nadiem Makarim (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sepuluh episode Merdeka Belajar telah diluncurkan dan Nadiem mengungkapkan masih banyak lagi hal di Merdeka Belajar yang akan dilakukan oleh Kemendikbud.

“Transformasi yang bermakna ini kami kerjakan agar segala sesuatu yang selama ini membuat bangsa ini hanya berjalan di tempat, dapat berubah menjadi lompatan-lompatan kemajuan,” kata Nadiem.

3. Nadiem sebut pandemik bukan satu-satunya tantangan

Nadiem Sebut Hardiknas Momen Bercemin, Apa Saja Program Pendidikan?Kunjungan Kerja Mendikbud Nadiem Makarim ke Sorong, Papua (Dok. BKHumas Kemendikbud)

Menanggapi krisis pandemi COVID-19 yang belum kunjung usai, Nadiem mengatakan bahwa krisis tersebut memberikan kesempatan untuk menuai kemajuan. Menurutnya, pandemik bukan satu-satunya hal yang jadi tantangan.

“Kita perlu memahami bahwa pandemik bukanlah satu-satunya tantangan yang kita hadapi. Di depan, masih membentang sederet tantangan yang akan dan harus kita lalui bersama. Mari kita lalui segala tantangan dengan inovasi dan solusi. Mari kita ciptakan sejarah yang gemilang dan tak terbantahkan oleh dunia,” kata Nadiem.

Baca Juga: Jadi Mendikbudristek, Nadiem: Bidang Ini Sangat Dekat di Hati Saya

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya