Comscore Tracker

Napi Kabur Asal Tiongkok Gali Gorong-gorong 8 Bulan Pakai Obeng

Cai Changpan sudah lakukan ini selama delapan bulan

Jakarta, IDN Times - Narapidana asal Tiongkok bernama Cai Changpan alias Chai Ji Fan, yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Kota Tangerang, Banten, pada Senin, 14 September 2020, ternyata menggunakan sejumlah alat untuk membuat gorong-gorong bawah tanah.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan Cai Changpan melubangi lantai kamar sel selama delapan bulan, dan menggali lubang gorong-gorong untuk kabur dari lapas.

"Alat yang kita temukan lainnya di TKP itu seperti besi, obeng, pahat, karung tanah. Itu dia lakukan delapan bulan, jadi setiap dia mengeruk dia taruh di plastik, kemudian dia buang di tong sampah di dalam nanti ditutupi lagi," kata Yusri dalam video, Selasa (29/9/2020).

Baca Juga: Napi Asal Tiongkok yang Kabur dari Lapas Tangerang Diburu Tim Gabungan

1. Cai Changpan mendapatkan peralatan saat ada pembangunan dapur di lapas

Napi Kabur Asal Tiongkok Gali Gorong-gorong 8 Bulan Pakai ObengIDN Times/Ayu Afria

Yusri menjelaskan alat-alat Cai Changpan didapatkan dari dalam lapas, saat sedang ada pembangunan dapur.

"Makanya kami masih lakukan pendalaman terus, termasuk pakaian kotor. Adapun pompa air selang, makanya kita juga masih mendalami, kenapa yang bersangkutan bisa menghadirkan pompa air itu dalam tempatnya," ujar dia.

2. Perlu waktu 20 menit untuk melewati gorong-gorong

Napi Kabur Asal Tiongkok Gali Gorong-gorong 8 Bulan Pakai ObengLubang gorong-gorong di lapas kelas 1 Tangerang, yang dijadikan sebagai tempat kaburnya napi WNA Tiongkok (Dok. Lapas Kelas 1 Tangerang)

Yusri menyebutkan Cai Changpan menggali gorong-gorong sedalam dua meter, kemudian menyusuri sepanjang 30 meter hingga keluar pagar lapas.

Polisi juga sudah melakukan pengecekan dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Hasilnya menunjukkan diameter gorong-gorong hanya cukup untuk satu orang, dan memakan waktu 20 menit untuk bisa melewatinya.

"Itu bisa memakan waktu sampai 20 menitan, karena memang sangat kecil dan panjang dengan panjang 30 meter," ujar Yusri.

3. Ini bukan kali pertama Cai Changpan kabur

Napi Kabur Asal Tiongkok Gali Gorong-gorong 8 Bulan Pakai ObengGorong-gorong di lapas kelas 1 Tangerang, yang dijadikan sebagai akses kaburnya napi WNA Tiongkok (Dok. Lapas Kelas 1 Tangerang)

Perlu diketahui Cai Changpan, terpidana mati kasus narkoba asal Tiongkok, kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Kota Tangerang, Banten, pada Senin, 14 September 2020. Dia kabur lewat gorong-gorong belakang lapas yang terhubung dengan area luar lapas.

Cai Changpan dianggap lihai dalam melarikan diri. Dia sudah dua kali kabur. Sebelum mendekam di lapas, dia pernah kabur saat menjadi tahanan kepolisian. Menurut Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Sugeng Hariyanto, kepolisian juga telah memeriksa beberapa petugas lapas.

"Persoalannya adalah sekarang kita sedang melakukan penyelidikan di internal, apakah ada kesengajaan atau tidak. Kita sudah menginterogasi empat orang pegawai dari lapas dan satu orang sipil," kata Sugeng.

Baca Juga: Napi Kabur Asal Tiongkok Sempat Beli Rokok Dekat Lapas, Santai Ya?

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya