Comscore Tracker

Napi Kabur Asal Tiongkok Sempat Beli Rokok Dekat Lapas, Santai Ya?

Dia juga sempat mampir ke rumahnya di Bogor

Jakarta, IDN Times - Narapidana asal Tiongkok bernama Cai Changpan alias Chai Ji Fan, yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Kota Tangerang, Banten, pada Senin, 14 September 2020, sempat membeli rokok, usai berhasil kabur dari penjara.

Hingga kini tim khusus masih melakukan pengejaran Cai Changpan. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, masyarakat sekitar lapas sempat melihat dia membeli rokok.

"Beberapa saksi-saksi masyarakat di sekitar lapas memang sempat melihat dia sempat membeli rokok, itu kita lakukan pemeriksaan, ini masih kita dalami terus, tim masih melakukan pengejaran insyaallah secepatnya kita tangkap yang bersangkutan, ini upaya kita yang sudah kita lakukan," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Selasa (29/9/2020).

Baca Juga: Napi Tiongkok Kabur, Ditjen PAS Bantah Pihak Lapas Tangerang Terlibat

1. Cai Changpan sempat mampir ke rumahnya di Bogor

Napi Kabur Asal Tiongkok Sempat Beli Rokok Dekat Lapas, Santai Ya?Ilustrasi penjara (IDN Times/Dini suciatiningrum)

Yusri menjelaskan Cai Changpan dalam pelariannya sempat pulang ke rumah keluarganya yang berada di Tenjo, Bogor, Jawa Barat.

Dalam waktu empat hingga lima jam setelah kabur, Cai Changpan diketahui sudah sampai di rumah. Maka polisi melakukan pemeriksaan pada istri dan keluarganya.

"Dia sempat mampir ke rumahnya," ujar Yusri.

2. Petugas lapas baru tahu setelah 11 jam Cai Changpan kabur

Napi Kabur Asal Tiongkok Sempat Beli Rokok Dekat Lapas, Santai Ya?Lubang gorong-gorong di lapas kelas 1 Tangerang, yang dijadikan sebagai tempat kaburnya napi WNA Tiongkok (Dok. Lapas Kelas 1 Tangerang)

Yusri menjelaskan petugas baru mengetahui kaburnya Cai Changpan setelah 11 jam. Hal itu diketahui dari rekaman CCTV yang ada di sekitar lapas.

"Itu kan ada 11 jam baru diketahui oleh pihak lapas, dari mulai dia melarikan diri terekam di CCTV," ujar dia.

Maka itu, pemeriksaan pada petugas lapas juga dilakukan, karena ada tiga pembagian jam kerja petugas di lapas pada saat Cai Changpan kabur.

3. Cai Changpan sudah dua kali kabur

Napi Kabur Asal Tiongkok Sempat Beli Rokok Dekat Lapas, Santai Ya?Gorong-gorong di lapas kelas 1 Tangerang, yang dijadikan sebagai akses kaburnya napi WNA Tiongkok (Dok. Lapas Kelas 1 Tangerang)

Perlu diketahui bahwa Cai Changpan, terpidana mati kasus narkoba asal Tiongkok, melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Kota Tangerang pada Senin, 14 September 2020. Dia kabur lewat gorong-gorong belakang lapas yang terhubung dengan area luar lapas.

Cai Changpan dianggap lihai dalam melarikan diri. Dia sudah dua kali kabur. Sebelum mendekam di lapas, dia pernah kabur saat menjadi tahanan kepolisian. Menurut Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Sugeng Hariyanto, kepolisian juga telah memeriksa beberapa petugas lapas.

"Persoalannya adalah sekarang kita sedang melakukan penyelidikan di internal, apakah ada kesengajaan atau tidak. Kita sudah menginterogasi empat orang pegawai dari lapas dan satu orang sipil," kata Sugeng.

Baca Juga: Napi Asal Tiongkok yang Kabur dari Lapas Tangerang Diburu Tim Gabungan

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya