Comscore Tracker

Napi Tiongkok yang Kabur dari Lapas Tangerang Rencanakan Aksi 6 Bulan

Dia gunakan alat dari lokasi pembangunan dapur di lapas

Jakarta, IDN Times - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, menjelaskan bahwa narapidana asal Tiongkok bernama Cai Changpan alias Cai Ji Fan yang melarikan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapar) Kelas 1 Kota Tangerang telah lama merencanakan aksinya.

Hal itu terungkap saat polisi memeriksa teman satu sel Cai Changpan yang mengatakan bahwa dia sudah enam bulan merencanakan hal ini.

"Dari keterangan awal teman sel yang bersangkutan, bahwa dia sudah melakukan (perencanaan) kurang lebih 5 - 6 bulan," ujar Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (21/9/2020). 

1. Alat untuk kabur didapat dari lokasi pembangunan dapur di lapas

Napi Tiongkok yang Kabur dari Lapas Tangerang Rencanakan Aksi 6 BulanIlustrasi penjara (IDN Times/Dini suciatiningrum)

Yusri juga turut menjelaskan asal-usul alat yang digunakan Cai Changpan untuk melarikan diri dan menggali lubang hingga keluar lapas. Dia melarikan diri dengan sejumlah peralatan yang dia dapatkan dari lokasi pembangunan dapur di dalam lapas.

"Memang di dalam sel lapas itu sedang ada pembangunan dapur," ujar Yusri.

Baca Juga: Polda Metro Kejar Gembong Narkoba yang Kabur dari Lapas Tangerang

2. Ditjen PAS bantah ada keterlibatan petugas

Napi Tiongkok yang Kabur dari Lapas Tangerang Rencanakan Aksi 6 Bulanilustrasi Narapidana menangis (ANTARA FOTO/Fauzan)

Diberitakan sebelumnya, Cai Changpan melarikan diri pada Senin, 14 September 2020. Dia kabur melalui gorong-gorong belakang lapas yang terhubung dengan area luar lapas. Kabag Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), Rika Aprianti membantah soal dugaan petugas lapas terlibat dalam pelarian Cai Changpan.

"Saat ini tidak ada (petugas lapas terlibat) sampai ke sana. Sekali lagi, ini masih tahap pemeriksaan atau permintaan keterangan," kata Rika kepada IDN Times, Senin (21/9/2020).

3. Narapidana dan petugas akan diperiksa

Rika menjelaskan bahwa pihak Lapas Kelas 1 Kota Tangerang, Polda Metro Jaya dan Polres Tangerang masih mencari keberadaan Cai Changpan. Ditjen PAS juga sudah memeriksa narapidana lainnya yang berkontak dengan Cai Changpan.

"Seperti contohnya ada teman satu kamar, terus narapidana yang menghuni di kamar kanan kiri yang bersangkutan," ucapnya.

Ditjen PAS selanjutnya bakal memeriksa petugas-petugas lapas terkait yang bertugas mengawasi narapidana kasus narkoba tersebut.

"Sekali lagi, ini (petugas lapas) terkait bukan berarti dianggap atau terlibat dalam pelarian. Semuanya sekali lagi praduga tidak bersalah," kata Rika.

Baca Juga: Napi Tiongkok Kabur, Ditjen PAS Bantah Pihak Lapas Tangerang Terlibat

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya