Comscore Tracker

Ngeri! 8 Kota Ini Berstatus Zona Merah Corona 4 Minggu Berturut-turut

Daerah harus segera melaporkan kendala yang dihadapi 

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, ada delapan kabupaten atau kota zona merah yang statusnya tidak berubah selama satu bulan terakhir. 

"Ada 8 kabupaten/kota zona merah tanpa perubahan dalam empat minggu, jadi dalam waktu 1 bulan ada 8 kabupaten kota zona merah tanpa ada perubahan," kata Wiku dalam konferensi pers virtual di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Baca Juga: Masuk Zona Merah COVID-19, 3 Kawasan Bersepeda di Jakarta Ditutup

1. Ini delapan kabupaten/kota yang awet berstatus zona merah

Ngeri! 8 Kota Ini Berstatus Zona Merah Corona 4 Minggu Berturut-turutJuru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito/Dok. BNPB

Delapan kabupaten/kota yang awet menjadi zona merah penyebaran virus corona adalah Jakarta Barat (Jakbar), Jakarta Pusat (Jakpus), Semarang, Banjar, Kota Banjar Baru, Tagalong, Medan, Deli Serdang.

"Kami mohon kepada pemerintah daerah bupati dan wali kota untuk memperhatikan penanganan COVID-19 di wilayahnya masing-masing," kata Wiku.

2. Daerah perlu melaporkan kendala yang dihadapi dalam menangani COVID-19

Ngeri! 8 Kota Ini Berstatus Zona Merah Corona 4 Minggu Berturut-turutKetua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito (YouTube.com/BNPB Indonesia)

Dia juga mengatakan bahwa daerah perlu melaporkan setiap kendala yang dihadapi masing-masing wilayah pada Satgas COVID nasional agar menjadi perhatian bersama.

"Agar menjadi perhatian untuk seluruh anggota masyarakat di 8 kabupaten/kota ini," kata dia.

Dengan langkah ini, Wiku berharap agar delapan kabupaten/kota tersebut bisa mengalami perubahan ke depannya.

3. Hingga hari ini, total ada 118.753 kasus virus corona di Indonesia

Ngeri! 8 Kota Ini Berstatus Zona Merah Corona 4 Minggu Berturut-turut(Simulasi uji klinis vaksin sinovac COVID-19 di RSUP Unpad, Kota Bandung) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Hingga Kamis (6/8/2020), ada penambahan 1.882 kasus positif virus corona di Indonesia. Dengan tambahan ini, total kasus COVID-19 di Indonesia telah mencapai 118.753 kasus. Selain itu, jumlah spesimen yang diperiksa mencapai 29.375 dengan jumlah suspek 91.219.

Kasus baru positif COVID-19 hari ini terbanyak berasal dari DKI Jakarta yakni 556 kasus, sehingga total kasus DKI menjadi 23.936. Menyusul Jawa Timur 286 kasus baru, sehingga total menjadi 24.115 kasus.

Baca Juga: [UPDATE] Kasus Baru COVID-19 di Dunia Mencapai 262 Ribu

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya