Comscore Tracker

Padati Medan Merdeka, Warga Bersenang-Senang di Hari Pelantikan

Warga kompak mengenakan baju putih dan merah

Jakarta, IDN Times - Macam-macam cara warga merayakan pelantikan Joko "Jokowi" Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI, Minggu (20/10). Di kawasan sekitar Jalan Medan Merdeka depan Istana Negara, para penari asal NTT dengan pakaian adat lengkap membawakan tari-tarian.

Ada tiga tarian yang mereka bawakan yakni tari Kataga dari Sumba Barat, Okomama dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, dan Hegong, Maumere, NTT.

"Kenapa kami pilih budaya kami tampilkan, kami mau mengatakan bahwa Indonesia itu satu, berbeda-beda tetapi satu hari ini kami tampil dengan kebudayaan supaya untuk meredam semua," ujar Ketua Relawan Jo'mari Flobamora, Mikael Umbazasa, di lokasi tersebut.

Meredam yang dimaksud Mikael adalah berbagai hal atau isu menyangkut perbedaan yang belakangan tengah memanas di Tanah Air. Total ada 500 orang dari Diaspora Flobamora Se-Jabodetabek hadir di Taman Aspirasi.

Massa juga memadati Jalan Merdeka Barat di mana tersedia 160 gerobak nasi goreng yang siap disantap dengan gratis bagi masyarakat. Menurut pantauan IDN Times panggung telah dibangun di beberapa titik, seperti di samping Patung Kuda di silang Monas, di depan Perpustakaan Nasional RI, serta tepat di depan Taman Aspirasi.

"Saya juga baru dikasih tau malam, ayo ke Monas, senang-senang aja," ujar salah seorang warga DKI Jakarta yang mengenakan pakaian merah putih.

https://www.youtube.com/embed/fxUV5VWpkBI

Baca Juga: Santri KH Ma'ruf Amin Nobar Pelantikan Presiden di Ruang Kelas Ponpes

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya